Akhir pekan lalu, Hall Gruga, Essen, Jerman membuka pintu mereka yang ke-50 kalinya untuk Essen Motor Show. Gelaran ini merupakan pameran otomotif aftermarket terbesar untuk benua Eropa yang dikemas mirip dengan SEMA Show di Amerika Serikat.

Berbeda dengan seremonial pembukaan di tahun-tahun sebelumnya, tahun ini konfrensi pers pembukaan Essen Motor Show 2017 minus hadirnya duo pendiri gelaran ini, Jochen Rindt dan Wolfgang Schöller. Setelah Jochen Rindt yang lebih dahulu berpulang beberapa tahun lalu, menyusul Wolfgang Schöller yang berpulang dua bulan lalu.

Beragam tuner dan modifikator papan atas Eropa hadir di Essen Motor Show 2017. Mereka berkolaborasi dengan merek mobil tertentu untuk menampilkan karya terbaiknya di pameran aftermarket tahunan ini.

Produsen dari Amerika Serikat pun datang menginvasi Essen Motor Show 2017 dengan membawa ubahan-ubahan masterpiece-nya di sektor modifikasi. Seperti pabrikan Aaron Shelby yang datang membawa pikap truk F150 dan Shelby Cobra yang sudah mengalami ubahan di berbagai sektor.

Pameran Essen Motor Show 2017 berlangsung mulai 2-11 Desember 2017. Seperti pada gelaran tahun-tahun sebelumnya, pameran ini ditargetkan dapat meraup pengunjung sebanyak 300.000 orang selama penyelenggaraannya.