Produsen roda empat asal Stuttgart, Porsche, secara resmi memperkenalkan bakal produk barunya yang diketahui mengusung nama Porsche Taycan. Mobil tersebut menjadi wujud ambisi Porsche dalam pengembangan kendaraan kencang yang memanfaatkan energi listrik.

Proses kelahirannya bisa dilacak dari penampilan sebuah mobil konsep bernama Mission E pada pameran Frankfurt Motor Show 2015. Di samping itu, ada beberapa hal lain tentang mobil ini yang menarik disimak seperti yang kami rangkum di bawah ini.

[Baca juga: Desain Boxy dan Retro Suzuki Jimny Terbaru]

1. Evolusi konsep Mission E

Porsche diketahui telah menggunakan kode nama “Mission E” dalam beberapa tahun belakangan sejak mobil konsep tersebut muncul di Frankfurt Motor Show tiga tahun silam. Mendekati momen peluncuran versi produksi massalnya, pabrikan pun secara resmi mengumkan mobil itu akan dijual dengan nama Porsche Taycan

2. Arti nama Porsche Taycan

Porsche Taycan terdengar unik di telinga orang Jakarta lantaran mengingatkan pada sebuah nama kuliner yang tengah populer. Walau sebenarnya tak ada hubungan sama sekali. Asal usul nama Taycan bisa dilihat dari lambang Porsche itu sendiri. Di mana terdapat sebuah kuda melompat dan menurut Porsche, nama Taycan berarti “kuda muda yang hidup”.

Porsche Taycan

Konsep Mission E menjadi cikal bakal Porsche Taycan.

3. Investasi Besar-besaran

Porsche menetapkan ekspansi fasilitas produksinya demi kelancaran produksi Taycan. Hal itu termasuk pembangunan fasilitas baru paint shop, conveyor bridge, hingga final assmbly. Tak ketinggalan sarana produksi mesin yang semuanya berada di markas besar Porsche, di Stuttgart-Zuffenhausen.

4. Tarikan performa yang menjanjikan

Sejumlah informasi menyebutkan Porsche Taycan bakal punya performa yang kencang. Figur akselerasi 0 – 100 km perjam disebut-sebut bisa hanya ditempuh 3,5 detik. Hal itu bisa dicapai berkat penggunaan dua buah motor yang totalnya bisa mengasilkan tenaga puncak 600 tenaga kuda. Sedangkan, jarak tempuh maksimal yang bisa dijangkau mencapai 482,3 km.