Awal minggu ini manufaktur negeri Tirai Bambu, Landwind dikabarkan siap menjual kopian Range Rover Evoque. Landwind X7 akan beredar di pasar Cina pada bulan depan. Rencana beredarnya X7 bukan tanpa hambatan. Jaguar Land Rover sempat membawa masalah ini ke meja hijau. Sayangnya, upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Produsen asal Cina memang dikenal jago untuk urusan menduplikasi sebuah rancangan. Selain X7, teracatat ada beberapa kopian lain yang tak menutup kemungkinan mengikuti jejak mobil yang kali pertama menampakkan diri di Guangzhou Motor Show 2014 ini.

China Hongqi LS5

Hongqi LS5 VS Range Rover

Hongqi LS5 menjadi bukti lain kopian dari Range Rover. Hanya saja, ukuran mobil ini mengalami sedikit pelebaran untuk menyesuaikannya dengan selera konsumen Cina.

Dengan menggunakan mesin bensin 4.0-liter, mobil ini juga memanjakan penumpangnya dengan piranti interior yang identik dengan milik Range Rover model lama. Bukan hanya mirip dengan Range Rover, mobil ini juga dianggap mengaplikasikan grille yang telah menjadi ciri khas Jeep Grand Cherokee.

China 14_shanghai_cc_cj

Eagle VS Porsche Cayman

Walau belum ditemukan ulasan mengenai kemampuannya, tapi Eagle menjadi wujud kemampuan produsen Cina menciptakan mobil bertenaga listrik. Menurut situs online Auto Express, Eagle diprediksi masih menggunakan baterai berukuran kecil yang hanya mampu membawanya berlari sampai kecepatan 113 km perjam.

China pims_baic_x424

BAIC X424 VS Jeep Cherokee

Jelas BAIC X424 merupakan gabungan dua mobil. Grille depannya meniru milik Jeep Grand Cherokee. Sementara itu, desain bodinya identik dengan Wrangler.

china BYD-S6-2013-Uruguay (4)

BYD S7 VS Lexus RX

Dari depan, orang akan dengan mudah menyangkal BYD S7 merupakan kopian Lexus RX. Tapi anggapan itu akan segera luntur manakala menengok disain pada setiap sisinya yang menggunanan bentuk jendela, spoiler, dan tail-light serupa dengan milik Lexus RX.

China brilliance-v5-cross-05

Brilliance V5 VS BMW X1

Brillliance merupakan mitra BMW di Cina dan model kopian ini dibuat atas kerjasama tersebut. V5 sendiri menjadi versi murah dari X1 yang hanya beredar di dalam negeri. Mungkin, model kolaborasi seperti ini bisa jadi solusi untuk masalah sengketa desain ini.

Masih banyak produk Cina lainnya yang dianggap meniru mobil-mobil dari produsen yang namanya telah lebih dulu mengglobal. Seperti Zotye T600 yang identik dengan VW Touareg, lalu Geely GE dan Rolls-Royce Phantom, JAC A6 dengan Audi A6, serta Zotye E30 yang serupa dengan Smart ForTwo.