2015-nissan-gt-r-45th-anniversary-edition-japanese-spec_100491659_l-970x0

Lebih dari 4 dekade silam, Nissan menghadirkan sebuah sedan bertenaga masif yang dapat diandalkan tidak hanya di jalan raya, namun juga mampu menuai prestasi di ranah balap. Mobil tersebut adalah Skyline GT-R. Sesuai dengan sematan namanya (GT-R: Gran Turismo Racer), model dimaksud kerap menjadi kampiun  di setiap ajang adu kebut yang diikutinya. Dan tidak terasa sudah 45 tahun lamanya nama Nissan GT-R berkibar di industri otomotif dunia. Sebagai selebrasi, pabrikan negeri sakura ini sudah menyiapkan versi paling anyar GT-R sekaligus menawarkan varian limited edition.

Sedikit berbicara perihal versi terbaru di 2015, Nissan telah bekerja keras untuk semakin menguatkan kesan balap dalam seri GT. Sudah barang tentu embel-embel R disematkan bukan tanpa perubahan. Tengok saja hadirnya sebuah V twin-turbo, penggerak 4WD dan beberapa pembaharuan dalam penampilan.

Nissan juga telah menyiapkan Nissan GT-R “45th Anniversary Edition”. Memang tidak ada perubahan terkait mesin turbocharged berkekuatan 541dk-nya, namun penampilannya terlihat berbeda dengan versi standar. Terutama laburan kelir Silica Brass, sebuah warna legendaris yang juga sempat hadir pada varian ikonik Skyline GT-R M-Spec R34 2001. Tidak hanya itu saja, sejumlah emblem khusus bertebaran melekat di detil-detil seperti konsol tengah dan rangka depan mesin.

Sesuai dengan usianya, Nissan hanya akan memproduksi GT-R 45th Anniversary Edition sebanyak 45 unit. Masing-masing akan dijual pada peluncuran pertama dan cuma disediakan di pasar Jepang dengan bandrol 91,500 dolar AS atau setara dengan 1.1 milyar rupiah.