Beroperasi semenjak Februari 2003, pabrik PT Honda Prospect Motor (HPM) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat telah memproduksi satu juta unit mobil Honda sampai sekarang. Perluasan dan pengembangan fasilitas pun terus dilakukan guna memenuhi permintaan produk Honda di Indonesia yang naik setiap tahunnya.

Saat pabrik PT HPM mulai beroperasi pada tahun 2003, penjualan Honda di Indonesia saat itu tercatat sebanyak 21.650 unit. Sampai akhirnya pada 2016 lalu, penjualan Honda di Indonesia telah meningkat jauh hingga mencapai 199.364 unit dengan pangsa pasar 19%.

Saat ini, pabrik PT HPM memproduksi model-model favorit yaitu Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda Jazz, Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan Honda CR-V.

Kegiatan produksi yang dioperasikan di pabrik Honda di Karawang ini, tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik saja, tetapi juga telah meningkatkan aktivitas ekspor komponen ke berbagai negara.

Sepanjang tahun 2016, jumlah ekspor PT HPM meningkat secara signikan, mencapai lebih dari 7.700 kontainer dibanding dengan tahun sebelumnya yang tecatat sekitar 5.600 kontainer.

Jumlah negara tujuan ekspor yang mencapai nilai 2,2 Triliun Rupiah tersebut juga meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini, PT HPM melakukan ekspor komponen hingga ke 12 negara, yaitu Thailand, Malaysia, Pakistan, Turki, Filipina, Vietnam, Taiwan, Jepang, Meksiko, Brazil, India serta Argentina.

Tomoki Uchida, President DirectorPT HPM, menjelaskan, “Pencapaian produksi yang ke-satu juta unit menunjukkan tingginya penerimaan konsumen terhadap mobil Honda, sekaligus komitmen dari Honda Motor untuk pengembangan bisnis Honda di Indonesia. Kedepannya, kami akan terus menambah investasi di pabrik ini untuk meningkatkan fasilitas dan sumber daya manusia, sehingga kami dapat mencapai kepuasan yang lebih tinggi bagi konsumen serta terus memberikan kontribusi positif bagi industri otomotif dan masyarakat Indonesia secara umum”.