Walau tak ada yang melarang, rasaya kurang pas kalau Anda mengendarai Jaguar menggunakan sepasang sneaker. Untuk menggantikannya Anda bisa memilih sepatu bergaya formal guna membuat tampil lebih necis. Meskipun tersedia ratusan merek sepatu formal di luar sana, tak ada salahnya menengok koleksi yang dihadirkan produsen mobil tunggangan Anda.

jaguar-and-oliver-sweeney-unveil-new-driving-shoes-collection_4

Ya, sekarang memang telah banyak produsen otomotif yang juga menyediakan koleksi busana bagi konsumennya. Seperti Jaguar yang bekerjasama dengan brand asesoris lifestyle pria Oliver Sweeney. Mereka memperkenalkan jajaran sepatu kulit yang dinamai Whitley and Sayer. Selain sebagai opsi fashion ideal bagi konsumennya, sepatu tersebut dibuat sebagai penghormatan terhadap markas besar mereka yang berlokasi di Whitley, Coventry, Inggris. Yang merupakan rumah bagi departemen desain Jaguar dan Advanced Design Studio.

jaguar-and-oliver-sweeney-unveil-new-driving-shoes-collection_5

Fitur utama sepatu tersebut ada pada bagian solnya yang begitu fleksibel. Memungkinkan pengguna mendapat kenyamanan ekstra, tanpa meninggalkan keindahan sepatu tersebut. Sementara itu, profil heel-nya dirancang khusus agar menyediakan pivot point sempurna saat melakukan kontrol pada pedal. Modelnya yang ramping membuat sepatu itu tidak tersangkut di pedal.

jaguar-and-oliver-sweeney-unveil-new-driving-shoes-collection_2

Untuk membuat sesuatu yang spesial, kedua perusahaan asal Inggris tersebut menerapkan teknik yang lazim digunakan dalam proses pembuatan mobil-mobil Jaguar. Pertama, mereka membuat clay model untuk mendapat bentuk sepatu yang diinginkan. Lalu, mereka melakukan pencetakan 3D menggunakan plastik komposit. Kemudian Oliver Sweeney mengirim desain yang telah disepakati ke pabrik mereka di Italia agar sepatu tersebut bisa langsung dibuat menggunakan teknik penjahitan tradisional.

jaguar-and-oliver-sweeney-unveil-new-driving-shoes-collection_6

Jaguar mengatakan kalau desain bagian atas sepatu tersebut terinspirasi saloon Jaguar XJ. Dimana bentuk panelnya menyerupai D-Pillar mobil tersebut. Untuk bagian depannya, bentuknya yang mengotak terinspirasi dari gril. Di Inggris, sepasang sepatu tersebut dilabeli £325 atau sekitar Rp7,2 jutaan.