Kecemasan terlihat pada diri pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat berlaga di sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu (22/10) siang. Ia kerap menoleh ke belakang dalam beberapa kesempatan saat menjalani lomba.

Komentator balap pun sempat beberapa kali kebingungan dengan apa yang dilakukan oleh pembalap berusia 24 tahun tersebut. Padahal saat menoleh, Marquez berada di posisi yang genting ditengah himpitan pembalap baris depan lain.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox Sport, kampiun GP Australia 2017 itu berkata, ia khawatir dengan kompetitor terdekatnya di klasemen MotoGP, Andrea Dovizioso. Meski dia memulai balap dari posisi 11, namun keberadaannya sempat membuat saya was-was.

“Saya mengecek apakah Dovi ada di belakang. Ketika memastikan dia tak ada di sana, saya baru percaya diri menyerang. Ternyata hasilnya sangat positif, saya memang terus menunggu momen tepat sampai delapan lap tersisa. Saya senang bisa menang,” jelas Marquez.

Kecemasan ini juga yang membuatnya melorot ke posisi lima dari usai bendera start dikibaskan. Namun Marquez mampu membayarnya dengan kembali merebut posisi terdepan seperti saat start hingga bendera finish berkibar.

Kemenangan ini mampu membuat Marquez kian kokoh memimpin klasemen MotoGP 2017 yang menyisakan dua balapan dengan koleksi 269 angka. Ia unggul 33 angka dari Doviozo yang duduk di peringkat kedua klasemen sementara dan peringkat ketiga, diduduki oleh rider Yamaha Movistar Maverick Vinales.