Kasus tewasnya Elaine Herzberg (49) yang tertabrak mobil uji coba swakemudi-nya di Tempe, Arizona, Aemerika Serikat memicu perhatian banyak pihak. Salah satunya Toyota, pabrikan Jepang yang juga sedang mengembangkan sistem swakemudi di kendaraan ciptaannya tersebut menghentikan sementara proyek ini untuk dikaji ulang.

Dilansir dari Reuters, Toyota Motor Corp memutuskan menunda uji coba kendaraan swakemudi dan tengah melakukan kajian ulang mengenai kelanjutan uji coba program swakemudi. Kecelakaan itu memunculkan kembali pertanyaan mengenai keamanan kendaraan swakemudi.

Toyota menyatakan akan menunda uji cobanya di jalan raya Amerika demi melindungi para pengemudi dalam percobaan itu. Kendaraan swakemudi yang diujicobakan selalu diawasi tim pengemudi khusus. “Penundaan ini dilakukan agar para pengemudi dapat menyiapkan diri lebih baik dan memahami risiko pekerjaan mereka,” kata Toyota dalam pernyataan resminya.

Pada Senin, 19 Maret 2018 kemarin, sebuah SUV Volvo XC90 swa kemudi yang diuji Uber menabrak seorang wanita tuna wisma saat menyebrang jalan dengan sepedanya dalam kecepatan 65 km/jam. Setelah kecelakaan tersebut terjadi, Uber langsung menyampaikan akan menghentikan uji cobanya untuk sementara.