Setiap mobil memang dirancang memiliki ruang penyimpanan barang yang kita kenal dengan sebutan bagasi. Namun tak semuanya mampu mengakomodir jumlah barang bawaan saat dibutuhkan. Saat seperti ini, ruang bagasi tambahan pun bisa jadi solusi membawa barang bawaan saat melakukan perjalanan.

Pada kenyataannya ruang bagasi yang disediakan di setiap mobil sering tidak mencukupi untuk membawa barang bawaan saat melakukan perjalanan jauh. Apalagi jika berpergian dengan jangka waktu yang cukup lama, sudah pasti barang-barang kebutuhan yang dibawa bisa dibilang tidak sedikit. Belum lagi jika membawa anak kecil yang cukup banyak barang kebutuhannya selama di perjalanan.

Menggunakan kapasitas ruang kabin yang ada untuk menambah ruang penyimpanan, tentu mengurangi kenyamanan penumpang saat berkendara. Pergerakan tubuh penumpang pun jadi terbatas dan perjalanan jauh jadi terasa begitu melelahkan.

Pun demikian dengan menumpuk atau menjejalkan barang bawaan di bagasi, juga bukan sebuah langkah yang tepat. Tingginya barang yang menumpuk melebihi tinggi sandaran kepala bangku baris paling akhir, justru membahayakan pengemudi karena mengganggu akses visual belakang dari kaca spion tengah.

Barang bawaan yang menumpuk hingga melebihi tinggi sandaran kepala bangku baris paling akhir juga cukup membahayakan penumpang. Bayangkan saat di perjalanan kendaraan terpaksa mengurangi kecepatan secara mendadak, barang bawaan yang menumpuk di bagasi dapat dipastikan akan terdorong kedepan dan menimpa penumpang yang duduk di baris paling akhir dari kendaraan.

Belum lagi saat ingin membuka pintu bagasi, Anda akan cemas karena beberapa barang bawaan yang menumpuk tadi akan terjatuh kebawah saat pintu bagasi terbuka. Tentunya masih banyak lagi kerugian yang didapat bila semua barang bawaan dipaksa masuk ke bagasi yang terbatas, misal kesulitan mengakses ban cadangan atau toolkits saat bermasalah di perjalanan.

Saat seperti ini, ruang penyimpanan tambahan tentu diperlukan untuk manajemen barang yang baik dan mengantisipasi hal-hal diatas. Ruang penyimpanan tambahan yang dimaksud adalah aplikasi roof boks guna mengakomodir barang bawaan selama perjalanan.

Namun harga roof boks yang terbilang cukup mahal terkadang menjadi momok bagi pemilik kendaraan. Beberapa beranggapan hal ini tidak cukup ekonomis mengingat intensitas melakukan perjalanan jauh tidak sering juga.

Beruntungnya, kini ada pihak-pihak yang berbisnis sewa roof boks untuk mengakomodir kebutuhan pengendara saat ingin melakukan perjalanan jauh. Dengan begini, Anda masih bisa berhemat dalam melakukan perjalanan jauh tanpa mengurangi aspek kenyamanan dan keamanan.

Lantas berapa harga sewanya? Bagaimana prosesnya?

Indra Wicaksono, dari Puri Motor sebagai pihak yang menyewakan roof boks menyebutkan, harga sewa tentunya bervariatif tergantung ukuran roof boks yang dibutuhkan dan masa penyewaaannya. Kisarannya mulai Rp 95 ribu hingga Rp 150 ribu per hari serta dikenakan ongkos pasang-bongkar sebesar Rp 150 ribu tiap mobil dan biaya deposit sejumlah Rp 350 ribu.

“Jadi misalnya Anda akan berpergian selama enam hari mulai tanggal 10 – 15, maka pemasangan sebaiknya dilakukan pada H -1 atau tanggal 9 dan pelepasan pada H +1 atau tanggal 16. Perhitungan biaya sewa pun tetap selama enam hari,” jelas Indra.

Di workshop-nya yang berlokasi di Ruko Puri Gading, Bekasi, Indra menyediakan berbagai ukuran dan merek roof boks yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dari yang terkecil dengan kapasitas 200 liter untuk mobil small hatchback hingga yang terbesar dengan kapasitas 550 liter untuk SUV atau MPV besar dengan pilihan merek dari Hapro, Whale dan Thule.

Proses pemasangannya pun juga terbilang mudah. Pasalnya di Puri Motor juga menyediakan kelengkapan lain seperti roof rack sebagai dasar penempatan roof boks yang bisa disesuaikan dengan model atap mobil yang berbeda-beda.  Jadi Anda tinggal datang membawa mobil dan kelengkapan identitas seperti KTP dan Kartu Keluarga serta membayar biaya sewa dan administrasi dimuka sesuai dengan masa perjalanan yang Anda butuhkan.

Cukup mudah dan ekonomis kan..

 

Puri Motor – 081584171727
Jl. Puri Gading Raya
Ruko PG II No. 7
Jati Melati – Pondok Melati
Bekasi – Jawa Barat