2013-Kelleners-Sport-6-Series-Gran-Coupe-Motion-4-1024x768

Apa arti angka 20% buat Anda? Ada yang mengatakan kecil, ada juga yang mengatakan cukup besar, tergantung apa obyek yang dibahas tentunya.

Namun apa yang dilakukan Kelleners Sport pada varian BMW keluaran terbaru sekelas Seri 6 Grand Coupe 640 F06 ini terbilang gila. Rumah modifikasi spesialis BMW yang bermarkas di Merzig ini, melihat tantangan tersendiri untuk mendongkrak tenaga varian terbaru BMW yang banyak dikatakan sebagai BMW paling ‘ganteng’ untuk saat ini. Dua tipe sekaligus dengan mesin yang berbeda mereka garap. Ya, 640i bermesin bensin dan diesel 640d.

2013-Kelleners-Sport-6-Series-Gran-Coupe-Exterior-Details-6-1024x768

Apa sebenarnya yang dilakukan Klenners Sport pada Grand Coupe ini? Di mobil-mobil modern peningkatan daya mesin memang tak perlu banyak ubahan radikal. Hanya tuning di bagian komputer dan penyempurnaan ruang dalam mesin dan penggantian beberapa part performa yang tentu saja letaknya tak terlihat mata.

Di atas kertas, segala proses itu meningkatkan tenaga hingga 20%. Uraiannya adalah seperti ini, tenaga standar 313Hp pada 640d bertambah 53Hp yang artinya menjadi 366Hp. Di saat yag bersamaan torsi juga meningkat dari 630 menjadi 737 Nm. Untuk 640i bensin, tenaga standart 320Hp membumbung ke 374Hp sementara torsi 450 Nm meletup ke 527 Nm.

2013-Kelleners-Sport-6-Series-Gran-Coupe-Exterior-Details-5-1024x768

Selain ubahan di mesin, Kelleners juga terkenal sebagai pencipta body kit yang banyak menghasilkan karya indah serasi. Lihat saja Grand Coupe ini, tampilannya makin klimis, ramping dengan kit aerodinamis yang menempel di seluruh bagian tubuhnya. Material yang digunakan adalah high-pressure polyurethane (PU-RIM), mulai dari kap mesin, sayap belakang, lip spoiler depan dan apron belakang. Namun mereka juga menyediakan opsi bahan genuine carbon seperti yang tampak di bagian side-mouldings rumah handel pintu dan rumah kaca spion

Sektor kaki-kaki disempurnakan lagi untuk mencapai handling terbaik. Suspensi sport bersistem coilover dipercaya mengawal roda berdiameter 19” atau 20” yang disesuaikan dengan selera customer. Velg berbahan forged aluminium ini disediakan dalam 3 tipe pilihan, Hamburg, Munich dan Berlin. Kemudian yang sungguh menarik perhatian adalah knalpot empat pipa yang bukan hanya keren dilihat, namun juga menghasilkan suara yang merdu serta tentu saja Kelleners meraciknya untuk sebagai salah satu penentu tambahan tenaga.

2013-Kelleners-Sport-6-Series-Gran-Coupe-Exterior-Details-7-1024x768

Kelleners sebagai rumah modifikasi memang terbilang all-out dalam menciptakan sebuah karya. Bahkan bagian interior Grand Coupe yang dari lahirnya saja sudah sempurna masih saja ‘dijahili’ mereka. Urusan ini pelanggan diberikan kebebasan yang sangat tinggi untuk menentukan bagaimana nuansa ruang kabin Seri 6 mereka. Ingin memakai panel kayu, bahan krom dan sebagainya bisa bebas mereka pilih.

So, apakah penting arti angka 20% ini buat Anda? Bagi kami ini lebih dari 20%.