Singapura adalah negara pertama yang kedatangan generasi keempat dari Mazda 3. Sedan dan hatchback rancangan Yasutake Tsuchida tersebut perdana tampil di Singapore Motorshow, Januari 2019 lalu.  Setelah Singapura, Filipina menjadi negara berikutnya yang menjadi destinasi pemasaran generasi terbaru dari Mazda 3 tersebut.

Menurut media nasional setempat, Autoindustriya, Mazda Filipina masih bersifat mengenalkan Mazda 3 generasi terbaru ini kepada masyarakat saja. Artinya belum ada harga resmi pemasarannya dan belum tersedia di dealer untuk melakukan pemesanan.

Hadir dalam bentuk sedan dan hatchback, Mazda 3 berkode sasis BP ini tampil lebih cantik dari model sebelumnya. Tarikan garis Kodo Design yang merupakan cirri identits Mazda masa kini terlihat lebih membulat dan memproyeksikan sebuah alur aerodinamika yang lebih baik dari pendahulunya.

Ubahan paling signifikan terlihat di sisi belakang. Desain baru lampu kombinasi terlihat lebih melebar dengan model reflektor yang membuat bagian buritan tampak lebih lebar. Mazda di masa kini memang punya desain yang luar biasa, bentuknya selalu mengesankan dan memikat hati.

Dari jajaran produksinya, Mazda 3 punya opsi mesin 4-silinder yang cukup banyak untuk dipasarkan di masing-masing negara. Mulai dari peminum bensin 1.5 SkyActiv-G, 2.0 SkyActiv-G, 2.5 SkyActiv-G, 2.0 SkyActiv-X dan diesel 1.8 liter SkyActiv-D Turbocharger.

Sementara untuk pilihan transmisi penggerak, Mazda 3 generasi keempat hanya punya dua opsi yakni SkyActiv-MT 6-percepatan dan SkyActiv-Drive Automatic 6-percepatan.