Indonesia resmi bakal gelar balap MotoGP mulai 2021 mendatang. Sesuai kontrak yang telah ditandatangani oleh Dorna Sports (organisasi penyelenggara balap MotoGP) dengan Indonesia Tourism Development Corporation atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, kita bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP higga 2023 mendatang.

Disebutkan oleh Abdullar M. Mansoer, presiden Direktur ITDC, bahwa kontrak penyelenggaraan MotoGP Indonesia sudah ditandatangani pada 21 Januari lalu di Madrid. Kontraknya sendiri memang baru sebatas tiga  tahun, namun ada kemungkinan bisa diperpenjang jika penyelenggaraan dinilai berhasil.

“Dalam hal tuan rumah penyelenggara MotoGP di 2021 mendatang, kita (Indonesia) bersaing dengan Brazil. Namun akhirnya diputuskan oleh Dorna Sport kita yang dapat,”jelasnya.

Ilustrasi Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat

Balapan MotoGP 2021 mendatang rencananya akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Kuta Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lokasi yang telah dipersiapkan tersebut, kini sedang dalam tahap proses untuk memulai pembangunan pada Oktober 2019 mendatang.

Sirkuit Mandalika sendiri akan memiliki konsep jalan raya seperti Marina Bay Street Circuit dan Circuit de Montecarlo. Jadi saat tidak ada kegiatan balap, rencananya sebagian jalur lintasan akan dipakai menjadi jalan raya.

Berdasarkan informasi dari ITDC, Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan sejauh 4,32 km dengan 18 tikungan. Sirkuit ini juga bakal memiliki sebuah Grand Stand dengan jumlah kapasitas kursi sebanyak 93,2 ribu kursi. Desain Sirkuit Mandalika sendiri sudah mendapatkan persetujuan dari FIM Safety Officer Franco Uncini.