Ketangguhan All New NP300 Navara milik PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali diuji di area pegunungan. Setelah dulu menjajal Tambora, kini pickup berukuran sedang ini melakukan perjalanan ke Gunung Sinabung, Sumatera Utara yang dilakukan pada Kamis dan Jumat (16 – 17,04).

“Setelah sebelumnya teruji sebagai double cabin bertransmisi otomatis pertama yang menaklukkan Gunung Tambora, maka kali ini kami memilih Gunung Sinabung sebagai destinasi pengujian kedua,” Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing & Product Planning NMI.

Dijelaskannya, pemilihan Gunung Sinabung sebagai lokasi uji coba kedua  adalah kondisi jalan yang cukup menantang. Seakan bernostalgia, All New NP300 Navara kembali melewati berbagai tantangan, mulai dari kelokan tajam, hingga permukaan jalan yang bergelombang. “Kami pun berhasil mendekat hingga kaki gunung, di wilayah yang memang masih diizinkan dan aman untuk disinggahi,” ujarnya.

Melalui letusannya yang menggemparkan sejak 2010 lalu, Gunung Sinabung memaksa ribuan warga untuk mengungsi. Akibatnya adalah lahan pertanian tertutup lahar dingin dan banyak fasilitas umum rusak akibat erupsi. Bahkan karena erupsi yang masih kerap terjadi, sebanyak tujuh desa terdekat yang berada di lereng gunung terpaksa harus direlokasi karena wilayahnya tertutup material vulkanik.

Masih di area sekitarmya, All New NP300 Navara juga singgah di danau purba Lau Kawar. Fitur-fitur andalannya pun diuji seperti dalam melewati jalan berkelok tajam seperti Vehicle Dynamic Control yang bekerja baik dalam menjaga kestabilan kendaraan saat bermanuver dan Active Brake Limited Slip, yang membantu mencengkeram kuat pengereman, bahkan di permukaan jalan yang bergelombang sekalipun. Bahkan ketika menuju ke titik terdekat di kaki gunung, di daerah Tiga Pancur, All New NP300 Navara dengan Hill Descent Control dan Hill Start Assist-nya membantu pengemudi melewati jalan yang menanjak dan menurun tajam.

“Pengujian ketangguhan All New NP300 Navara akan terus berlanjut nantinya di berbagai medan ekstrem di Indonesia. Kami berharap hal ini semakin memperkuat image double cabin terbaru ini sebagai kendaraan segala medan”, tutup Budi Nur Mukmin.