Tidak terasa sudah enam puluh delapan tahun lamanya model legendaris Defender menemani aksi para off-roader menjelajah bumi. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun sudah tidak asing akan bentuk kotak nan gagah dari produk Land Rover ini. Sayang sekali mulai tahun depan model ikonik ini akan dipensiunkan, meninggalkan kenangan yang dalam bagi kita semua.

Startech-Sixty8-LR-Defender-6

Startech, salah satu tuner terbaik Jerman, pun seperti paham akan semua memori yang ditinggalkan. Maka dari itu mereka mencoba membuat sebuah peninggalan yang manis, dengan mempercantik model Defender 110 Station Wagon sesuai dengan konsep mereka. Hasilnya adalah Startech Sixty8, sebuah model terbatas yang dibuat khusus sebagai penghormatan untuk Land Rover Defender.

Land-Rover-Defender-Startech-Sixty8-by-Brabus-7

Jangan kaget bila mendengar pilihan nama Sixty8, sebab itulah lama Defender hadir di muka bumi, tepat enam puluh delapan tahun lamanya. Tampilannya pun berubah menjadi retro berkat bodi kit Startech Series 3.1, paket vintage yang menyandur penampilan Land Rover Series 3 keluaran 1971 dan 1984. Kombinasi warnanya unik dengan laburan Corris Grey metallic di bodi dan Santorini Black untuk atapnya. Namun jangan kaget bila mendapati aura modern berkat LED pada lampu depannya.

Startech-Sixty8-LR-Defender-3

Sayangnya tidak ada perubahan yang diberikan di bawah kap. Startech sama sekali tidak menyentuh mesin empat silinder 2.2-liter bawaan Defender. Mesin pelahap bensin tersebut masih bertenaga 120 Hp dan memiliki torsi 360 lb-ft, cukup.

Startech-Sixty8-LR-Defender-11

Meski begitu nikmatilah kala berada di dalam kabinnya. Dibandingkan sebuah Defender yang serba off-road nan kasar, pemilik akan merasa seperti berada di Mercedes-Benz G-Class yang super mewah. Semua akan dimanjakan dengan interior berbalut Tan Light Brown dan jok sport ergonomis berwarna Ebony Black dengan jahitan pola berlian hitam nan kontras. Alcantara hitam membalut headliner dan sun visor dan setir kemudi sport dan tuas perseneling khas Startech menjadi pemanis dasbor. Standar hiburannya adalah Alpine Multimedia sistem dengan navigasi 3D.

Startech-Sixty8-LR-Defender-2

Pertama hadir di Jerman, Startech Sixty8 akan dijual di Eropa dengan bandrol 75 ribu dolar AS untuk model lima tempat duduk dan 77 ribu dolar AS untuk model tujuh penumpangnya.