Nama Skoda ini memang tak begitu populer di Indonesia. Tapi, modifikasi yang dialami oleh Skoda Superb, salah satu saloon unggulan pabrikan asal Ceko itu patut mendapat perhatian. Seperti dilansir Autoevolution kemarin, (11/8), sekujur bodi sedan ini diselimuti kulit berwarna cokelat.

Bukan gaya modifikasi yang lumrah diaplikasikan pada mobil. Mengingat sensitifnya material kulit terhadap cuaca.

Foto-foto Skoda Superb itu kali pertama disiarkan oleh situs pembiayaan kredit mobil Inggris. Memang, bukan sumber yang lazim untuk dijadikan cerita. Dalam tulisannya, dikabarkan bahwa proyek modifikasi ini merupakan inisiatif Jozef Kaban, orang Skoda yang bertugas memimpin desain Superb.

Kemudian, ia menugaskan mahasiswanya di  Florence University untuk mendandani eksterior Skoda Superb. Dikatakan, modifikasi pada saloon eksekutif tersebut mendapat banyak influensi dari keistimewaan area lokal.

Jadi, karena Italia merupakan sentra fashion dunia dengan merek-merek yang banyak menggunakan material kulit, maka ide modifikasi inilah yang muncul.

Para mahasiswa tersebut memilih kulit berwarna cokelat untuk menutupi sekujur bodi Skoda Superb. Pada setiap potongan panel bodi, mereka membuat jahitan putih untuk menegaskan garis bodi saloon yang sering disandingkan dengan Mercedes-Benz E-Class ini.

Selama proses pengerjaannya, tidak ada komponen mobil yang mengalami perubahan. Kabar terakhir, saat ini mobil tersebut disimpan di markas Skoda Ceko yang berlokasi di Mlada Boleslav.

Situs online Autoevolution skeptis bahwa modifikasi ini sesuai dengan karakteristik brand Skoda. Untuk diketahui, brand Ceko tersebut sangat mengedepankan fungsi ketimbang gaya.