Vespa terus melakukan evolusi teknologi mesin yang tersemat pada produk-produknya. Mulai dari menggunakan mesin dua tak pada awal-awal kemunculannya, saat ini ini beredar Vespa matic empat tak. Dan tak lama lagi publik pun bisa melihat lahirnya Vespa elektris.

Mengutip laporan Autoblog, Vespa listrik bakal diproduksi bulan depan. Sedangkan penjualannya siap dilakukan pada awal 2019 untuk benua Eropa, Amerika, kemudian Asia.

Bernama Vespa Elettrica, skuter tanpa emisi ini dibuat di fasilitas produksi Piaggio Vespa yang berlokasi di Pontedera, Italia. Menurut sumber informasi, akan ada dua versi Vespa listrik, pertama model yang menggunakan baterai sepenuhnya (Vespa Elletrica) dan hybrid (Vespa Elletrica X).

Keduanya dibekali fitur-fitur modern seperti dukungan konektivitas ponsel pintar melalui layar TFT 3,4 inci yang dimilikinya nanti. Dari layar tersebut pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur semacam GPS dan pastinya memantau data kendaraan seperti sisa daya baterai yang menjadi sumber tenaga.

Sumber tenaga itu sendiri berupa baterai lithium-ion yang menyalurkan tenaga sebesar 2 kilowatt secara kontinyu dan 4 kilowatt untuk tanaga puncaknya. Baterai tersebut mampu menyuplai tenaga untuk melahap jarak tempuh 62 mil atau 99,7 kilometer. Sedangkan, pengisian daya hingga baterai penuh butuh waktu sekitar empat jam.

Saat menggunakannya, pengguna dapat memilih dua mode berkendara yang tersedia, meliputi mode Eco dan Power.

Vespa Elettrica X Hybrid Tawarkan Daya Jelajah Lebih Jauh

Untuk varian yang satu ini mesin bensin hadir mendampingi baterai yang digunakan. Baterai yang dipakainya lebih kecil, dengan taya tempuh maksimal sekitar 50 km.

Daya dari baterai digunakan saat bensin sudah habis atau pengendara memilihnya secara manual dengan mengaktifkan mode Extender.

Untuk tampilannya, Vespa Elletrica menggunakan kelir spesial menggunakan dominasi warna krom di bodinya. Meski begitu disebutkan nanti akan tersedia lebih banyak pilihan untuk konsumen. Bukan hanya untuk bodi, tapi termasuk pelek, badge, atau jok.

Vespa Elletrica akan menjalani debutnya di EICMA, Milan pada November menadatang.