Walau baru terbentuk sekitar dua tahun silam, Sportster Indonesia punya raihan cukup besar, yakni terdaftar dan mendapat pengakuan dari Harley-Davidson Motor Company (HDMC). Raihan yang tak bisa sembarang didapat itu, membuat klub ini punya beberapa keuntungan, seperti prioritas suku cadang dan urusan merchandise. Sebelum mencapai kondisi yang benar-benar terorganisir seperti sekarang, klub berpenghuni 78 member ini punya dinamikanya sendiri.

Harley-Davidson Sportster-Indonesia

“Dulu ada grup kecil berisi delapan sampai sembilan orang, termasuk satu rider perempuan yang sering kumpul,” ujar Reza Satria Palupi, President Sportster Indonesia kepada TheGaspol. Geliat kelompok kecil tersebut memancing respon Mabua Motor Indonesia untuk mengakomodir minat mereka. Lalu, lahirlah agenda Sunday Morning Riding All Sporster. Penggunaan nama Sportster Indonesia baru resmi November 2013.

Harley-Davidson Sportster-Indonesia

Sejak pencetusan tersebut, klub terus berkembang dengan anggota yang tersebar di berbagai daerah di pulau Jawa. Namun, masih kata Reza, ada pula member yang bermukim di Papua. Sportster Indonesia punya penyebutan unik untuk nama-nama daerah yang jadi basis anggotanya. “Joglosemar itu artinya Jogja, Solo, Semarang. Ada juga member yang berada di Bandung,” jelasnya. Rencanannya, Bandung akan menjadi basis untuk West Java Chapter.

Harley-Davidson Sportster-Indonesia

Meski Harley-Davidson Sportster menggendong mesin yang tergolong mungil, para member tak pernah gentar memenuhi undangan Harley Owner Group (HOG) untuk menjalani touring dengan tipe-tipe Harley-Davidson lain. “Agenda touring HOG, seperti Wing Days kemudian Jogja Bike Week, sampai terakhir ke Bali pada November kemarin kita ikut,” beber Dani Kurniawan, Vice President Sportster Indonesia yang turut menjamu TheGaspol.

Harley-Davidson Sportster-Indonesia

Di luar agenda gabungan, Sportster Indonesia juga punya rencana internal. Mulai tahun ini, mereka ingin menggeber aktivitas touring, baik jarak pendek, menengah, atau  jauh. Agenda paling dekat, Sportster Indonesia akan bertandang ke Bandung untuk melakukan pengukuhan. Sekali jalan, kira-kira ada 30 sampai 25 motor yang mengisi rombongan.

Harley-Davidson Sportster-Indonesia

Aktivitas Sportster Indonesia juga merambah ke dunia maya. Klub ini punya basis media sosial cukup kuat. Dengan menggunakan nama akun @sportsterindonesia, klub ini punya sekitar 5.000-an pengikut di Instragram. Foto-foto yang diunggah kerap mendapat perhatian dari pegiat jagad otomotif internasional.

Harley-Davidson Sportster-Indonesia

“Seperti Roland Sands sering me-regram foto-foto motor anggota kita,” jelas Dani. Akun Instagram yang baru eksis empat bulan terakhir itu juga jadi tempat pemilik Sportster melempar pertanyaan ihwal keanggotaan.