Atraksi bergaya bebas di atas sepeda motor bukan hanya milik para stunt rider. Hal ini juga dilakoni para Polisi Wanita (Polwan) Brigade Motor Ditlantas Polda Metro Jaya. Para Polwan tersebut kerap tampil dalam berbagai kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya menaklukkan Harley-Davidson tunggangan mereka.

Atraksi Motor Polwan 4

Untuk sampai ke level siap tampil, para Polwan tersebut butuh latihan yang memakan waktu sekitar satu tahun. Hebatnya, saat direkrut, kebanyakan dari Polwan tersebut belum bisa mengendarai sepeda motor. “Syaratnya punya keberanian dan kemauan,” ujar AKBP Ipung Purnomo, Pamen Ditlantas Polda Metro Jaya yang mendampingi personilnya tampil di Bikers Summit 2015 di International Sentul Circuit, Bogor beberapa waktu silam.

Atraksi Motor Polwan 5

Setelah direkrut, para Polwan yang rata-rata berpangkat Brigadir 2 sampai Aiptu Ajun Inspektur Tingkat 1 tersebut mendapat pelatihan fisik. Sebelum akhirnya dikenalkan pada sepeda motor. “Awalnya kita kasih sepeda motor kecil dulu, lalu motor sport, sampai akhirnya motor-motor besar seperti yang sekarang dipakai,” sambung Ipung.

Atraksi Motor Polwan 1

Atraksi yang mereka lakukan dibagi ke dalam dua kategori, yakni atraksi individu dan berkelompok. Tidak hanya bersifat hiburan tapi kemampuan atraksi mereka juga dipercaya bisa meningkatkan kapabilitas saat bertugas di lapangan. Para Polwan tersebut selalu mendapat giliran menjalani tugas-tugas penting seperti mengawal tamu kenegaraan.

“Contohnya seperti saat ada Hillary Clinton datang (ke Indonesia) kita beri mereka kesempatan untuk mengawal. Termasuk pengawalan ibu presiden dan wakil presiden pada acara-acara tertentu,” jelas Ipung.

Atraksi Motor Polwan 3

Unit kepolisian ini tidak menutup diri dari publik yang ingin mengenal lebih dekat. “Latihan rutin para Polwan setiap Jumat-Sabtu di Parkir Timur Senayan, Jakarta mulai dari jam 7 pagi. Banyak rideryang suka ikut bergabung latihan. Terakhir latihan bersama lady bikers dari Women on Wheels yang touring Jakarta – Lombok,” tutup Ipung.