Volkswagen dikabarkan bakal menyetop produksi mobil legendaris VW Beetle. Setelah dipasarkan selama tujuh dekade lebih, akhirnya produksi mobil berujuluk VW “Kodok” ini berakhir pada Juli 2019 mendatang.

Mengutip laporan Autoblog, wakil Volkswagen di Amerika Serikat menyebut tidak ada rencana untuk melahirkan model pengganti VW Beetle, setidaknya dalam waktu dekat.

Sementar itu, The Guardian menulis bahwa ada kemungkinan penyetopan produksi VW Beetle dipengaruhi kondisi perusahaan yang terus merosot usai VW terjerat kasus “dieselgate“.

Menjelang akhir masa produksinya, VW merilis model yang dinamakan VW Beetle Final Edition. Lebih lengkap tentang model tersebut dan fakta-fakta lain soal VW Beetle, bisa disimak dalam informasi di bawah.

Dibuat Sebagai Mobil Rakyat

Konsep VW Beetle muncul pada 1933 saat pemimpin Nazi Adolf Hitler menginginkan sebuah mobil murah yang bisa mengakomodir kebutuhan transportasi rakyatnya. Tokoh otomotif penting Ferdinand Porsche memegang peran besar dalam proses pembuatan VW Beetle.

Kelahiran New Beetle

Sebenarnya, ini bukanlah kali pertama Volkswagen menyetop produksi VW Beetle. Setelah beredar selama 30 tahun, pada tahun 1979 produksinya juga sempat berhenti. Hingga akhirnya VW Beetle kembali lahir dengan wajah yang lebih modern pada 1998 dengan mengusung nama New Beetle.

Ikon Budaya Populer

Sudah tak terhitung berapa banyak kemunculan mobil ini di dalam film, video musik, atau buku. Namun, kemunculan VW Beetle dalam film “The Love of the Bug” pada 1968 disebut-sebut sebagai cikal bakal popularitas mobil ini di budaya populer.

Selain itu, grup musik fenomenal asal Inggris, The Beatles, juga ikut menambah popularitas mobil ini dengan menampilkan VW Beetle putih dalam sampul album “Abbey Road”.

VW Beetle Edisi Terakhir

Jelang akhir masa produksinya tahun depan, Volkswagen meluncurkan versi terakhir VW Beetle. Tersedia dalam versi hatchback ataupun convertibel dengan balutan dua warna spesial, yaitu Safari Uni (beige) dan Stonewashed Blue.