Fuji Heavy Industries sebagai produsen Subaru berencana akan memiliki basis produksi di Thailand. Pabrik perakitan ini dibangun sebagai bentuk komitmen produsen mobil Jepang tersebut untuk memperluas dan mengembangkan jaringan bisnisnya di Asia Tenggara.

Bersama TC manufacturing and Assembly Thailand (TCMA TH), anak perusahaan dari Tan Chong International Limited (TCIL) tersebut akan digandeng Subaru dalam ekspansi bisnisnya di Thailand. Nota kesepakatan bersama ini rencananya akan ditandatangani bulan depan.

Perusahaan patungan bernama Tan Chong Subaru Automotive (Thailand) Co Ltd ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh TMCA TH dengan 74,9 persen. Sisanya FHI memegang 25,1 persen, seperti yang dikutip dari Paultan.

Pabrik ini diperkirakan akan beroperasi mulai 2019 mendatang. Hingga kini Subaru belum membocorkan mobil apa yang akan mengambil basis produksi di Thailand untuk pasar Asia Tenggara.

Sekadar catatan, Malaysia hingga kini menjadi negara basis produksi Subaru untuk kawasan Asia Tenggara. Pabrik yang berlokasi di Segambut, Kuala Lumpur ini bertugas untuk merakit Subaru XV dan Subaru Forester untuk pasar Malaysia, Indonesia dan Thailand.