BMW Motorrad Indonesia (Maxindo Moto Nusantara) memperkenalkan BMW R nineT Urban G/S, Selasa (24/10) di Jakarta. Motor seharga Rp595 juta (off the road) ini memiliki kosmetik yang berbeda dengan R nineT standar.

Desain BMW R nineT Urban G/S bisa dibilang merupakan tribute buat motor lawas BMW R 80 G/S yang legendaris. Hal ini tercermin dari penggunaan jok merah dan tangki bensin berkelir putih ditambah strip biru.

Bagi pemiliki R nineT standar yang ingin mengubah tampilan kendaraannya menyerupai versi Urban G/S, tantangannya cukup banyak meski bukan berarti mustahil.

Satu-satunya cara yang bisa ditempuh ialah lewat upaya custom.

“Kita tidak menjual kit komponen R nineT Urban G/S untuk varian standar,” terang Joe Frans, Chief Executive Officer, BMW Motorrad Indonesia – Maxindo Moto. “Kalau untuk lampunya bisa pesan, namun yang lain tidak dijual terpisah,” sambungnya.

Kalau dirinci, untuk menyulap R nineT versi standar menjadi varian Urban G/S berarti upaya custom bisa dimulai dari mengganti kulit jok. Kemudian disusul repaint tangki bensin. Lampu depan juga pastinya kena ganti.

Upaya cukup besar bisa jadi ada di kaki. Karena ubahan meliputi penggantian shockbreaker depan. Mengingat BMW R nineT Uban G/S menggunakan tipe teleskopik sedangkan di versi standarnya bisa ditemui model up side down.

Biar lebih total, ban juga sebaiknya diganti dengan model semi off road.

“Sebenarnya mengubah BMW R nineT standar jadi Urban G/S bisa dilakukan. Tapi caranya dengan custom,” kata  Joe.