dp1005

Kerap menjagokan Aston Martin, Volkswagen atau Nissan di games legendaris bergenre racing, Gran Turismo? Kali ini para supercar khayalan yang diciptakan oleh para desainer handal tersebut tak lagi menjadi rekaan belaka. Pasalnya, perhelatan akbar Goodwood Festival of Speed 2014 jadi saksi melenggangnya para kendaraan vision Gran Turismo dari ketiga pabrikan besar tersebut. Penasaran?

Aston Martin DP100

1. Aston Martin DP100

Aston Martin akhirnya memperkenalkan konsep supercar yang dibangun khusus untuk game simulasi balap Grand Tourismo (GT) 6. Supercar yang diberi nama Design Prototype (DP) 100. Garis desain dari konsep supercar yang sebelumnya ada di salah game PS3 ini diciptakan oleh Aston Martin dengan mengadopsi dari konsep CC100 Speedster Concept yang diperkenalkan pada tahun lalu. Fascia muka dari DP 100 tetap mengusung ciri khas dari Aston Martin yaitu bentuk gril besar semi trapesium. Selain itu Aston Martin juga melabur DP 100 dengan corak kebesaran perusahaan yaitu warna hijau yang dikombinasikan dengan garis kuning. Sedangkan pads bagian buritan, DP100 telah menggunakan lampu LED dan juga bentuk diffuser yang agresif. Pintunya pun menggunakan sistem otomatis yang seperti angsa mengembangkan sayap saat sedang dibuka.

Jantung pacu kendaraan ini juga sama dengan GT 6, DP 100 yang ada di game, yaitu mesin tengah V12 Twin Turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 800hp. Dan konsep ini memang tak akan diproduksi oleh Aston Martin dalam waktu dekat. namun pihak perusahaan tidak menampik kalau DP 100 akan jadi supercar selanjutnya yang bakal masuk dapur produksi.

Nissan Concept 2020 Vision Gran Turismo 

2. Nissan Concept 2020 Vision Gran Turismo

Futuristic! Satu kata ini cukup menggambarkan secara jelas garis desain supercar impian produksi Nissan. Nissan Concept 2020 Vision Gran Turismo, itulah nama yang tercetus dari proyek desain para desainer muda Nissan ini. Cerita punya cerita, awalnya proyek ini merupakan sebuah ruang yang membebaskan para desainer junior menuangkan fantasi mereka dengan menciptakan sebuah supercar Gran Turismo yang sempurna.

Agar mobil virtual ini lebih realistis, para desainer muda Nissan membangun konsep kendaraan GT6-nya itu bersama dengan tim teknisi aerodynamic juga engineering yang terampil di Jepang. Sehingga kendaraan ini tak hanya menonjolkan sisi ’emosi’ fantasi, tapi juga memikirkan aliran anginnya. Dan nantinya, mereka mengadaptasi management air flow Sportcar 2+2 milik Nissan yang telah menggunakan teknologi race-track. Sssttt…. Gosipnya sih kendaraan ini bakal melantai 2020 mendatang..

33 GTI-Treffen am Woerthersee

3. Volkswagen GTi Roadster Vision Gran Turismo

Berbeda dari dua vision GT milik Nissan dan Aston Martin. Volkswagen lebih enjoy dengan karakter lakon Roadster-nya. Ya, pabrikan otomotif asal Jerman tersebut memilih VW GTi Roadster untuk nampang dan berlaga di trek video game Gran Turismo 6. Lekuk garis mobil berkarakter Roadster ini tampak membawa sedikit isyarat dari desain klasik seri Golf GTI. Fascia depan tetap mempertahankan lampu depan dan grille honeycomb Golf. Tapi lubang udara besar dari serat karbon merubah struktur dan menekankan sikap mobil yang rendah dan lebar.

Perubahan struktur dapat dilihat dari profil dan desain bodi belakang yang berubah murni menjadi fantasi sang desainer. Fitur lain yang menonjol adalah pilar-C mengambang, dan pemilihan pelek berdiameter 20 inci. Sedangkan aliran tenaga dari sang roadster legenda ini adalah mesin V6 Biturbo berkapasitas 3.0 liter yang menyuplai tenaga 496hp dan torsi 560Nm. Dan saat tenaga ini digabungkan dengan DSG gearbox tujuh percepatan dan sistem 4MOTION all-wheel drive, GTI Roadster mampu berakselerasi 0-100kpj dalam 3,6 detik.

Tak hanya tampilan luar saja yang mengandung unsur bengis, dibagian kokpit VW GTi Roadster Gran Turismo penumpang akan “terbungkus” dalam bodi monocoque ganda dari serat karbon. Driving position kendaraan ini tampil sebagai seorang racer sejati. Sedangkan, interior dihiasi trim dari Alcantara, lengkap dengan aksen hitam dan merah warisan dari GTI.