Berangkat dari empat buah diecast berdesain Mooneyes yang dimilikinya, seorang Eri Chriswanto jadi kepincut mengoleksi mainan mobil miniatur model apapun asal menggunakan desain Mooneyes. Grafis warna kombinasi kuning, hitam dan silver yang khas dari manufaktur custom berkedudukan di Amerika yang besar di Jepang tersebut begitu menggugah hati dan semangatnya untuk mengumpulkan satu demi satu diecast bergrafis Mooneyes untuk dibawa ke kediamannya.

Hingga kini, pria yang mulai mengoleksi diecast bertema Mooneyes sejak 2014 lalu tersebut sudah tak dapat lagi menghitung berapa jumlah koleksi yang dimilikinya. Ia pun segan untuk megetahui berapa jumlah aktual koleksi diecast Mooneyes yang ada di kediamannya di bilangan Bekasi.

Saat hadir di pameran Indonesia Diecast Expo 2019, di ICE BSD Tangerang, Sabtu – Minggu, 26 – 27 Oktober 2019, Eri memboyong seluruh koleksinya untuk ditampilkan kepada pengunjung pameran. Dari berbagai ukuran mulai dari skala 1:64 hingga yang terbesar 1:18, termasuk berbagai diorama workshop ala Mooneyes Headquarter di California, AS.

Dari seluruh koleksi yang dimiliki, perhatian paling spesial jatuh kepada duo VW Dragbus Mooneyes yang masih terbungku rapih di blisternya. Saat itu satu dari dua diecast tersebut diakuinya ditebus seharga Rp 4 juta-an. Kini menurut Eri, harganya sudah mencapai puluhan juta rupiah per buahnya.

“Sekarang harganya sudah Rp 35 juta – Rp 40 juta per buah. Apalagi jika nomernya spesial dan sudah ditanda-tangan oleh Shige,” kata Eri.

Shige Suganuma merupakan bos Mooneyes yang membesarkan label ini di kultur custom Jepang. Ia memang kerap diundang ke Indonesia untuk menghadiri berbagai macam kegiatan yang bertemakan kustom dan otomotif.

Masih menurut Eri, koleksinya terus dikumpulkan dalam kurun tiga tahun sejak 2014 lalu. Beberapa diantaranya didapatkan masih dnegan banderol harga murah ratusan ribu rupiah hingga di nominal jutaan kecil. Tapi sekarang, meski ia tak pernah berniat untuk menjualnya, namun nilainya sudah berkali lipat dari nominal pembeliannya.

Pemilik akun Instagram @erichwantoo ini juga tak pernah menghitung berapa nominal rupiah yang telah ia habiskan untuk memenuhi hasratnya mengumpulkan diecast Mooneyes. Bila kami taksir, barangkali nominal tersebut kini setara harga sebuah medium MPV baru jika dikumpulkan.