Sejak peluncuran virtualnya pada tengah Desember lalu, Hyundai Palisade diakui telah dipesan oleh puluhan calon konsumen. Padahal SUV bongsor rakitan Korea Selatan dari Hyundai ini dijual dengan harga yang cukup fantastis, paling mahal Rp 1,078 miliar (on the road) Jakarta.

Lantas untuk siapa sajakah konsumen dari SUV yang telah dijual resmi oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ini?

Astrid Ariani Wijana, General Manager Marketing PT HMID dalam sebuah pertemuan menyebutkan, target konsumen dari Hyundai Palisade adalah personal mapan yang membutuhkan mobil-mobil berdimensi besar untuk beraktivitas baik sendiri maupun bersama keluarga.

Secara eksklusif juga, Hyundai menghadirkan Palisade varian termahal Signature dengan pilihan gerak roda AWD atau All-Wheel Drive. Masih menurut Astrid yang dahulu sempat memimpin pemasaran Mazda, varian Signature AWD hadir untuk melengkapi jajaran produk yang ada. Bila Signatur 2WD diproyeksikan untuk konsumen perkotaan, maka Signature AWD hadir untuk konsumen yang lebih advanced.

“Semisal pehobi dual terrain yang suka membawa mobil ke daerah-daerah non aspal serta masyarakat perkotaan dengan kontur jalan yang lebih variatif, semisal diluar Pulau Jawa,” ujarnya.

Kami pun mencoba sedikit Hyundai Palisade Signature AWD dalam sebuah kesempatan di Jakarta. Menurut kami, sistem transmisi dan penggerak empat roda dari SUV bermesin 2,2 CRDi 197 dk dan 440 Nm ini pintar dalam urusan mengatur distribusi gerak roda. Artinya saat bergerak lurus dan tiba-tiba harus menikung cepat, keempat roda langsung mengatur tugasnya masing-masing untuk menjaga traksi agar pergerakan Hyundai Palisade tetap seimbang.

Nyatanya, sistem gerak empat roda AWD (All-Wheel Drive) juga terpakai di jalanan perkotaan besar. Apalagi bila gemar membesut mobil di kecepatan cukup tinggi dan roda tetap ingin menjejakan traksinya saat bermanuver.