b_0_0_0_00_images_articulos_julio_13_08_montesa_fotos_Montesa_Cota4RT260_02

Di Indonesia, pabrikan Honda memang lebih identik dengan motor harian seperti skutik dan bebek, serta beberapa jenis sport. Padahal, mereka juga punya beberapa varian di segmen motor trail off road, salah satunya adalah Honda CRF450F, yang rencananya akan kembali mengaspal tahun 2015 nanti. Tapi pernahkan Anda tahu tentang jenis motor adventurer milik Honda lainnya, seperti seri Cota 4RT trials ini?. Hm… saya rasa hanya sebagian kecil, dan hanya yang memiliki passion.

Nah, buat adventurer trail lovers, kami ada berita menarik nih buat Anda!. Karena kemarin (25/07), pabrikan motor Honda telah resmi mengumumkan versi mesin terbaru dari kendaraan trials-nya yaitu Montesa Honda Cota 4RT260. Dan menurut info, para pendahulu dari motor trials racikan Honda ini telah begitu banyak memenangkan gelar juara dunia dan begitu popular di kalangan pengendara trials di Inggris.

Sejak 2006, Motensa Honda Cota 4RT memang didominasi oleh mesin dua tak. Tapi saat uji coba kemarin, revolusi dari teknologi mesin four-stroke-nya membawa aura baru yang lebih bermanfaat bagi lingkungan, plus memiliki performa juga torsi yang lebih kuat.

Selain itu, dalam mesin 260, seri 4RT260 ini juga telah menawarkan banyak perubahaan di ruang injeksi/ pembakaran bahan bakar dan pengapiannya, plus sudah dibekali dengan kontrol throttle yang lebih baik. Hal tersebut sengaja diberikan untuk meningkatkan traksi, terutama saat menjajah medan yang sulit. Dan ternyata, engine brake trails ini juga telah direduksi, sehingga motor ini terasa lebih ringan dan lebih mudah untuk dikendalikan.

Selain itu, untuk mereduksi tekanan pada lengan pengendara, kendaraan yang akan dibandrol dengan harga £5,849 ini sudah menyematkan fitur desain handlebar terbaru yang lebih lebar, serta telah mengubah brake master cylinders, dan menyematkan rear sprocket 41-tooth terbaru. But, wait… ternyata fender depan kendaraan ini juga telah direvisi dengan desain finishing yang kian mencuatkan kesan sporty dan ramping. Sementara untuk memberikan ruang fleksibilitas yang lebih besar pada mesinnya, jok trails ini dirancang kian lembut.

Disaat yang bersamaan, Honda juga memperkenalkan versi Montesa Honda Cota 4RT Race Replica. Dan pastinya motor yang dibandrol 6.999 pound sterling ini, punya spesifikasi yang jauh di atas rata-rata Cota 4RT260.

Namun, apakah ia akan berpetualang di trek pegunungan tanah air? Tunggu saja.