Momentum gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 tidak hanya dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk baru. Beberapa agen pemegang merek pun memperkenalkan teknologi terbaru mereka di pameran yang berlangsung di Indonesia Ceonvention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang dan salah satunya adalah UD Trucks.

Perusahaan yang menjual serta melayani truk light, medium dan heavy duty serta berbagai kendaraan khusus ini memperkenalkan dua teknologi terbarunya sekaligus. Dengan teknologi ini diharapkan menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di tanah air. Adapun dua teknologi yang dipamerkan tersebut adalah Bogie Axle Lift dan UD Telematics Services.

Secara detail teknologi Bogie Axle Lift merupakan fitur yang dapat mengangkat satu poros dan roda saat truk sedang tidak membawa muatan. Dengan demikian teknologi ini diklaim mampu mengurangi penggunaan ban sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar. Teknologi ini pun merupakan teknologi yang yang telah dipakai diseluruh penjuru dunia dan UD Trucks menjadi satu-satunya pabrikan Jepang pertama yang memperkenalkannya.

Teknologi Bogie Axle Lift ini tersedia pada truk Quester tipe 6×2 dan 8×2 yang menawarkan keuntungan baru bagi konsumen untuk memperoleh efisiensi bahan bakar yang lebih baik dalam mengoperasikan armada truknya. Truk tipe 6×2 dan 8×2 ini dilengkapi dengan 3 atau 4 poros roda yang semuanya dapat digunakan saat truk membawa muatan penuh. Sedangkan UD Telematics Services merupakan adalah dukungan UD aftermarket untuk memastikan pengelolaan transportasi berjalan efektif.

“UD Trucks dan Astra International terus menyempurnakan layanan untuk melayani konsumen dengan keuntungan truk yang optimal. UD Telematics Services adalah global fleet management solutions dari UD Trucks, yang merupakan layanan sistem komunikasi nirkabel berteknologi tinggi disokong oleh jejaring diler UD Trucks dan para spesialis. Layanan ini dirancang untuk meningkatkan posisi kompetitif konsumen melalui pengembangan bisnis dan efisiensi.” tutur CEO PT Astra International UD Trucks Sales Operations Aloysius Chrisnoadhi (11/8).

Pria nomor satu di PT Astra International UD Trucks tersebut juga menambahkan jika UD Telematics Services bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan konsumen. Karena menawarkan dukukan untuk pengoperasian truk yang aman, meninkatkan efesiensi bahan bakar dan memaksimalkan uptime disaat yang sama mengurangi biaya operasional.