Ikatan Motor Indonesia (IMI) sukses menggelar workshop dan ujian bertajuk Sharing Perspectives di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (25-26/10). Kegiatan ini merupakan bentuk upaya untuk menciptakan standarisasi yang ideal dalam melangsungkan perlombaan otomotif di tanah air.

“Promotor nasional belum memiliki standard kualitas yang sama, maka dari itu diperlukan pengetahuan-pengetahuan baru bagi para penyelenggara event agar standardisasi yang ideal dalam perlombaan olahraga otomotif serta kegiatan-kegiatan wisata lainnya dapat segera tercipta.” tukas Ketua Umum Pengurus Pusat IMI, Sadikin Aksa.

Memang minimnya pengetahuan para penyelenggara event cukup menjadi kendala dan menyebabkan kurang pahamnya tentang prosedural yang harus diperhatikan ketika akan menggelar suatu perlombaan. Untuk itu dihadirkan beberapa tokoh yang sudah banyak makan asam garam di dunia event khususnya perlombaan otomotif Indonesia, seperti Helmy Sungkar dan Tjahjadi Gunawan.

Acara yang diikuti oleh kurang lebih sebanyak 40 pihak yang terdiri dari Promotor Nasional, penyelenggara event, hingga klub-klub otomotif ini menjadi wadah bagi mereka untuk saling bertukar pikiran serta mendapatkan pelajaran baru dari dunia olahraga otomotif.

Kedepannya, kegiatan workshop semacam ini dapat dilakukan secara berkala lantaran masih banyak pembenahan dari dunia otomotif di Indonesia. Salah satunya segi bisnis atau komersialisasi yang sebenarnya sangat diperlukan namun masih dianggap sebelah mata dari beberapa pihak.

“Saya berharap agar media juga ikut memantau acara-acara otomotif atau berbagai event yang digagas oleh IMI. Seperti bagaimana membungkus perlombaan menjadi menarik, bagaimana suatu perlombaan dapat tersebar luas ke seluruh masyarakat, dan lain sebagainya. Semoga event atau kejuaraan-kejuaraan bisa semakin mendapatkan sorotan, karena saya menilai media punya peran yang sangat kuat dalam hal ini.” ungkap Ketua Badan Pengawas IMI, Boy Haryanto.