Sebagai sebuah destinasi wisata di bagian timur Indonesia, Pulau Seram begitu banyak menawarkan keindahan alam di darat dan bawah laut. Pulau yang terletak di sisi utara Pulau Ambon ini merupakan bagian dari provinsi Maluku dengan luas wilayah mencapai 18.625 meter persegi.

Dengan letak geografis yang merata mulai daerah pesisir pantai hingga pegunungan Binaiya setinggi 3.019 mdpl, Pulau Seram memiliki kontur jalan yang sangat bervariatif dengan banyak tanjakan curam hingga jalanan bebatuan yang belum terkena lapisan aspal sempurna.

Mempertimbangkan kondisi geografis tersebut, membuat CV Ambulance Pintar Indonesia (API) sebagai penyedia dan pembuat karoseri Ambulance tersebut memilih Tata Xenon XT D-Cab 4×4 sebagai armada andalannya untuk di Pulau Seram. Delapan unit Tata Xenon berkapabilitas ganda tersebut akan dioperasikan sebagai unit Puskesmas Keliling di bagian timur Pulau Seram.

Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicle PT Tata Motors Distribusi Indonesia menyebutkan medan yang berat di Kepulauan Seram dengan dominasi off-road, jalan berbatu, jalan aspal pegunungan dan tanjakan-tanjakannya yang sangat curam sangat cocok dengan profil Tata Xenon XT D-Cab 4×4 yang dibekali torsi mumpuni dan suspensi yang empuk.

xenon-xt-dcab-4x4-seram-3

“Armada Xenon XT D-Cab 4×4 ini akan digunakan untuk kendaraan ambulan keliling di Pulau Seram bagian Timur. Project ini merupakan bukti merek Tata Motors yang kuat dan irit dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan aplikasi, ” ujar Wilda.

Lebih lanjut Imron Bukhari, Direktur Utama CV API menambahkan Ihwal saya tertarik dengan Tata Xenon XT D-Cab 4×4 adalah saat melihat peluncurannya di GIIAS 2016. Lalu saya coba buktikan kenyamanan, performanya, dan konsumsi bahan bakarnya yang irit sesuai klaim TMDI. Dan semua yang dijanjikan memang terbukti. Oleh karena itu saya beranikan diri menawarkan kepada dinas-dinas Kesehatan Kabupaten, termasuk Kabupaten Pulau Seram bagian Timur.

“Saya kira, dari sisi kenyamanan dan biaya operasional, Tata Xenon XT D-Cab 4×4 sangat cocok untuk dijadikan kendaraan Ambulan yang berorientasi pada kenyamanan pasien dan petugasnya. Karena irit BBM dan suspensinya empuk. Saat ke-8 unit diantar ke Pulau Seram, para pengemudi bilang, jika merek lain dari pelabuhan Ambon ke Pulau Seram itu bisa menghabiskan satu tangki penuh, kalau Tata Xenon XT D-Cab 4×4, solar yang dihabiskan hanya setengah tangki dan masih ada sisa,” tambah Imron.

Perjalanan ke Pulau Seram dari pelabuhan Ambon yang masuk gunung keluar gunung, khususnya rute Pelabuhan Ambon – Waipirit – Seram Timur. Diantara Waipirit – Seram Timur terdapat tanjakan SS (berbentuk S), yang sangat curam dan menanjak selama 3 jam penuh.

Sementara total waktu tempuh dari Pelabuhan Ambon ke Pulau Seram Timur adalah 18 jam. Mengenai ketersediaan sukucadang, menurut Imron TMDI akan menjamin ketersediannya dengan akan membuka cabang toko sukucadang khusus di Pulau Seram.