Mungkin tak banyak yang mengetahui soal merek mobil yang satu ini. Adalah Tatra, produsen otomotif asal Republik Ceko yang merupakan pabrikan mobil tertua kedua di dunia yang berdiri sejak 1850 silam.

Awalnya Tatra adalah perusahaan yang memproduksi kereta api pada 1850. 47 tahun setelahnya atau di 1897, mereka membut mobil pertamanya dan menjadi produsen kendaraan penumpng pertama di Eropa Tengah.

Tatra 603

Namun pada 1999 lalu, Tatra menghentikan produksinya untuk mobil penumpang dan hanya membuat truk. Kini, Tatra memutuskan untuk melansir lagi produk kendaraan penumpangnya dikarenakan minat terhadap mobil kian tinggi.

Menurut informasi yang ditulis oleh Motor 1, Tatra di masanya dikenal sebagai produsen mobil yang mewah dan canggih. Pabrikan inilah yang perdana mengadopsi teknologi penyejuk udara (AC/Air Conditioning) dan memikirkan faktor aerodinamika.

Keputusan untuk hadir kembali ini dirilis pada 2017 lalu dan Tatra menyebutkan bahwa perlu tiga tahun untuk mengembangkan sebuah mobil yang sarat dengan teknologi masa kini. Sebelum memproduksi mobil penumpang modern, mereka akan terlebih dulu membuat mobil klasik. Hal ini merupakan bentuk respon dari tingginya permintaan terhadap mobil klasik.