Teddy Penzstar

Secangkir espresso sore itu, menemani perbincangan kami dengan Teddy Hardjono, CEO Penzstar Panca Persada. Dan selama tiga jam kami bercengkrama, banyak hal yang diungkap oleh pengusaha yang gemar travelling ini tentang produk pelumas dan pasar pelumas lokal dari perusahannya.

Dan apa sebenarnya Penzstar?

Ya, kami adalah sebuah produk pelumas yang bangga dengan predikat sebagai produk lokal. Ibarat ‘Kopi Luwak’, brand lokal yang memiliki positioning kelas premium dan bisa diserap pasar global. Kami menggunakan bahan baku import yang tentu saja memiliki kualitas tinggi.

Lantas, apa kendala Penzstar dalam mengedepankan kesan lokal itu?

Kami sih tetap yakin bahwa kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal terus membudaya belakangan ini. Jadi tak ada lagi import minded seperti era-era sebelumnya. Namun, dalam menjalankan bisnis memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Kami telah menembus pasar Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Utara yang kini mulai tumbuh pesat dan membuat kami merasa lebih percaya diri.

Apa target market Penzstar?

Kami memang lebih besar di customer indusrti. Seperti pabrik karet, pabrik kertas, perusahaan alat berat dan sebagainya.

Teddy Penzstar c

Bagaimana Penztar menghadapi kompetisi yang sangat ketat?

Pada prinsipnya, kami berani diadu dengan brand-brand yang ‘keren’. Secara kualitas kami sudah sangat acceptable dan pricing yang kompetitif.

Tadi Anda katakan bahwa Penzstar sudah cukup kuat di pelumas Industri. Apakah Anda punya niat untuk membidik pasar retail?

Kami bersyukur kini kami sudah mampu menembus sebuah ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) yang mempercayakan kepada kami sebagai pelumas OEM mereka. Namun saat ini kami belum mau menyebutkan nama brand produk ATPM itu. Ya, masih konfidensial. Tapi memang, diawal kehadiran, secara retail kami mulai tumbuh di Roda Dua. Untuk Roda Empat kami masih berusaha mengembangkan lebih banyak produk yang mampu diserap pasar.

Tiap perusahaan tentu memiliki ‘resep’ untuk produknya. Nah, untuk produk Penzstar sendiri ramuan ajaib apa sih yang sudah diracik ke produk pelumasnya?

Ada. Hydrotreat G2. Dan untuk mobil modern, bahan dasar atau base oil idealnya sudah berbahan dasar Hydrothreat G2.

Teddy Penzstar a

Bagaimana respon pasar pada produk yang terbilang baru ini?

Respon pasar sudah lumayan sih. Untuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Medan tumbuh cukup happy, terutama pasar di area customer industri kami.

Apakah ada niat untuk masuk sebagai oli resmi ATPM roda empat?

Volume ATPM kami sudah lumayan banyak. Mereka sangat membantu angkat brand kita. Dan jika diadu sama brand yang keren. Performance kita dianggap oke oleh mereka (ATPM). Price kami juga accceptable. Yang pasti target produk ATPM kami adalah kendaraan MPV dan SUV.

Kenapa lebih segmented ke SUV dan MPV? Kenapa seperti itu?

Produk kita-kan GTV dan multigrade. Tapi sejauh ini sih ATPM yang mengajak kami kerja sama, tidak mengklasifikasi pelumas kami hanya untuk jenis SUV dan MPV saja.

Teddy Penzstar b

Seperti LCGC dan city car?

Ya. Pertanyaan bagus. Kita juga akan develop diluar jenis kendaraan SUV dan MPV.

Tantangan saat ini gmn? Customer liat pasar lokal peluang dan tantangan. Uniknya gimana? Customer gmn?

Ya. Jujur saja menanamkan kepercayaan ke customer itu jauh lebih sulit. Apalagi untuk produk-produk yang terbilang baru seperti kami. Tapi kami melihat para konsumen sudah mulai pintar memilih dan memilah yang berkualitas. Mereka sudah tak gampang dikasih iming-iming. Ada yang gencar iklan, tapi volume di market gitu-gitu saja, dan tingkat penjualan mereka juga stuck. Maka solusi kami lebih kepada pemberian edukasi tentang kelebihan kita ke customer. Dan kelebihan dan product knowledge kami akan tertera di kemasan.

Apa harapan pribadi dari Anda juga Intern pabrikan terhadap produk dan pasar Penzstar ke depan?

Keinginan internal dari pabrikan saat ini, ingin bertumbuh di pasar lokal. Dan saya ingin terus meningkatkan kualitas produk Penzstar. Walau orang kita eadalah  mantan pekerja international brand dan hasil uji laboratorium kita sudah bagus, kami tetap ingin menggiring Penzstar ke kualitas lebih baik. Yang nantinya produk kita memiliki nilai export yang layak.

Terakhir. Adakah rencana promosi ke motorpsort?

Ada. Semua sudah di planning. Tinggal menunggu saat yang tepat untuk execution.