Kini para pesepeda tidak perlu lagi merasa cemas berada dekat mobil produksi Jaguar Land Rover kala melakukan perjalanan. Pasalnya sebuah sistem keselamatan anyar telah dikenalkan untuk menhindari kecelakaan dengan para pesepeda.

Sistem yang dinamakan Bike Sense ini sanggup mendeteksi pesepeda manapun yang berada di dekat kendaraan. Alarm unik pun disiapkan untuk memperingatkan pengemudi. Contohnya adalah sebuah sentuhan pada bahu dan getaran pada hendel pintu untuk menghindari pintu terbuka yang menghalangi jalannya laju pesepeda.

Perbedaan jenis alarm pun terlihat jelas. Untuk sentuhan bahu contohnya, itu akan aktif bereaksi mengikuti arah sepeda mana yang datang. Bila dari kiri, bahu akan terketuk di sebelha kiri dan sebaliknya. Sementara sistem audio pun akan berespon sesuai dengan lokasi berbahaya.

“Bike Sense membawa kita melampaui teknologi di ranah indikator bahaya saat ini,” papar direktur penelitian Jaguar Land Rover, Dr Wolfgang Epple.

Meski belum dikonfirmasi perihal rencana produksinya, sistem ini telah diperkenalkan sebagai sebuah aplikasi siap pakai. Tinggal berharap saja waktunya tidak akan lama demi jalanan yang semakin bersahabat untuk semuanya.