Banyak dari Anda yang tentunya memilih touring sebagai hobi. Melalui hobi ini banyak yang bisa anda dapatkan mulai dari cerita daerah yang kalian datangi. Seperti yang dilakukan Vespa Cross Nation (VCN) komunitas penggemar Vespa yang terbentuk sejak tahun 2019.

Empat bikers pengguna motor Vespa dari Vespa Cross Nation melakukan touring wisata sejarah Indonesia ke beberapa lokasi di pulau Jawa. Dikomandoi oleh mang Uget mengendarai Vespa Sprint klasiknya akan menelusuri perjalanan ke wilayah Pangandaran, Bantul sampai Jogjakarta dengan tema perjalanan, Frame of Nusantara “Capturing Central Java”.

Bersama dengan Wahyu dan rekan rekan lainnya dari Vespa Greel Indonesia (VGI) perjalanan touring ini dilakukan selama 5 hari, dimulai dari tanggal (10 – 15/8). Lokasi hari pertama dan kedua yang mereka singgahi meliputi Alun-alun Talegong, Stasiun KAI Cijulang dan Terowongan Wilhelmina di Jawa Barat.

Destinasi pertama stasiun KAI Cijulang dibangun dijaman kolonial Belanda tahun 1913 yang merupakan stasiun pemberhentian rute Ciamis sampai Pangandaran. Dan saat ini stasiun tersebut sudah tidak beroperasi lagi. Peninggalan yang tersisa hanya tembok-tembok bangunan yang sebagian sudah hancur diselimuti ilalang, serta banyak terdapat pemukiman warga sekitar.

Lanjut menelusuri perjalanan, VCN menuju Terowongan Wilhelmina yang berada didaerah Kalipucang, Kab. Pangandaran Jawa Barat. Terowongan ini memiliki panjang 1.116km dan untuk pertama kalinya Vespa bisa sampai dilokasi ini yang merupakan terowongan terpanjang di Indonesia.

Pada perjalanan dihari ketiga, VCN mengunjungi komplek pemakaman Raja Imogiri di Bantul. Untuk sampai ke lokasi makam, kami harus menaiki tangga sebanyak 454 anak tangga terang First Sandra yang mengendarai Vespa Primavera matik. Dilokasi pemakaman kami disambut Abdi Dalem sebagai penjaga makam, yang turut serta memberikan penjelasan tentang sejarah kerajaan Mataram di Jogjakarta.

Di hari ke empat tanggal (14/8) mereka memasuki kota Jogja Istimewa. Dikota ini VCN dan VGI bersilaturahmi dengan penggemar Vespa dari Vespa Tamasya, Jogja Rolling Scooter dan Weekday Scooter Genk. Berlokasi di Kopi Silol, pembicaraan seputar perkembangan Vespa dituangkan dalam sesi podcast bersama Rob VCN.

Menikmati indahnya kota Jogja ditengah malam, VCN dan VGI kembali melanjutkan perjalanan menuju Dieng Plateau. Banyak orang bilang menikmati sunrise dipuncak Dieng akan terasa menakjubkan ujar Achunk dengan Vespa Strada klasiknya.

Dieng Plateu merupakan salah satu destinasi wisata pegunungan pilihan masyarakat Indonesia. Selain udaranya dingin segar dan menyejukan, Dieng Plateau yang berada di Banjarnegara mempunyai lokasi peninggalan sejarah, yaitu Candi Arjuna. Disinilah destinasi Vespa Cross Nation bersama Vespa Greel Indonesia terakhir dikunjungi dalam pejalanan touring Frame of Nusantara “Capturing Central Java”.