35 tahun silam, BMW berinovasi menciptakan sebuah sedan 4 pintu yang sanggup membawa empat penumpang secara layak namun punya performa yang setara dengan mobil balap di sirkuit. Mobil tersebut harus lulus uji untuk penggunaan di jalan raya.

Bermodalkan sumber pacu dari BMW M1 saat itu, pihak prinsipal BMW di Jerman mencangkok jantung penggerak tersebut pada body BMW Seri 5, E28. Sejak itu, BMW E28 menjadi generasi BMW M5 pertama yang resmi dirilis BMW pada 1985 lalu.

Merayakan usia M5 yang ke-35 tahun, BMW kembali meracik produk spesial sebagai bentuk penghargaan atas seri sedan BMW paling kencang yang diproduksi masal. Tajuk BMW M5 Edition 35 Years digunakan oleh BMW untuk M5 terbarunya yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya 350 unit untuk seluruh dunia.

Versi limited edition ini dibangun dari platform BMW M5 Competition yang bermodalkan mesin V8 dengan Teknologi M TwinPower Turbo. Tenaga sebesar 625 dk dan torsi 750 Nm ditransfer pada keempat roda lewat transmisi otomatik M xDrive dan Active M Differential di gardan belakang.

Sebuah output yang cukup besar untuk sebuah sedan eksklusif yang secara resmi dpat dikendarai di jalan raya. Melesat dari diam ke 100 km/jam hanya butuh waktu 3,3 detik. Sementara bagi jarum speedometer melewati angka 200 km/jam hanya butuh 10,8 detik.

BMW M5 Edition 35 Years diprediksi bakal menjadi sebuah item kolektor eksklusif di masa depan mengingat jumlah yang terbatas dan hanya dirilis dalam satu warna di seluruh unitnya, yakni Frozen Dark Grey II metallic yang dikombinasikan dengan pelek M Lightweight Alloy 20 inci berkelir Graphite Grey dengan cakram karbon keramik.

Bila berkeinginan untuk meminang salah satu dari 350 unit BMW M5 Edition 35 Years atau M5 Edition 35 Jahre ini, Anda harus merogoh kocek sedalam Rp 5,169 miliar (off the road) dan hanya bisa melakukan pembelian di dealer BMW Eurocars Indonesia dengan mengunjungi situs https://bmw-eurokars.co.id.

Dalam peluncuran resmi lewat jalur virtualnya, Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia menyebutkan, BMW M punya fans tersendiri di Indonesia. Selama enam generasi, dinamika berkendara BMW M5 terus membaik, namun sedan performa tinggi ini selalu tetap setia pada karakternya sendiri. Sebagai model independen yang didasarkan pada BMW Seri 5, model ini tawarkan tambahan yang sangat penting dalam hal kinerja sambil mempertahankan antusiasme murni terhadap dunia balap. Konsep mesin high-revving, teknologi suspensi distinktif yang selaras sempurna dengan tenaga mesin yang luar biasa, dan fitur desain spesifik M yang mengoptimalkan pemasukan udara dan kinerja aerodinamisnya, semua menjamin pengalaman berkendara optimal yang diwarnai kecepatan dan presisi – ciri khas BMW M5.