Tesla Siapkan Model S GT Untuk Kompetisi Balap Turing Satu Merek di Eropa

Meski terkenal hemat dan efisien, mobil berdaya listrik mampu menyaingi performa sebuah mobil super berbahan bakar bensin dengan multisilinder. Seperti yang dilakukan oleh pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, memperkenalkan varian GT yang dirancang untuk sebuah kompetisi balap.

Beberapa tahun lalu, Tesla memperkenalkan Model S yang menyasar pasar sedan mewah empat pintu. Tesla Model S menjadi sedan empat pintu tercepat di dunia dengan jangkauan 0 hingga 60 mph (96 km per jam) dalam 2,5 detik.

Seperti dilansir dari Motor 1, Tesla Model S yang menjadi basis sedan GT berkode P100D tersebut telah dibuat lebih ringan sekitar 500 Kg untuk mendukung power to weight ratio yang optimal. Sebagai pelengkap, S P100D ini juga menggunakan ban slick lansiran Pirelli, suspensi kompetisi dan peranti aerodinamika yang memberikan downforce terbaik kala dibesut pada kecepatan tinggi.

Jangan remehkan jantung pacunya. Meski berdaya listrik, namun mampu menyuplai tegangan setara motor bakar bertenaga 778 dk yang mirip dengan sumber tenaga milik Formula E. Tenaga tersebut justru lebih besar dibanding sebuah Lamborghini Aventador LP 700-4 bermesin V12 yang ‘hanya’ bertenaga 700 dk.

Mobil GT elektrik ini telah resmi diperkenalkan pada gelaran Autosport di Birmingham, Inggris. Kedepannya Tesla akan menggelar sebuah one make race (OMR) balap turing di Eropa dalam setahun.

Setiap tim yang berjumlah 10 dapat menerjunkan dua buah mobil yang akan bertarung dalam putaran berjarak 60 Km di siang dan malam hari. Ajang ini akan dimulai di 2017 dengan melakukan balap di 7 sirkuit kenamaan Eropa