KTM Duke 690 R 6

Entah kenapa belakangan saya merasa pas memacu motor ber-cc sedang. Yah.. antara 600 sampai 800 cc deh. Powernya pas, tidak kendur-kendur amat.. Torsinya juga pas untuk melibas kondisi lalulintas stop and go. Apalagi bobot  motor dengan kapasitas segitu juga tidak membuat kaki serta tangan pegal saat bermanuver, meliuk melintasi belantara kemacetan Jakarta. Sementara saat dipakai untuk menikmati terpaan angin pegunungan menuju tempat pelesir di luar kota, performa dari motor dimaksud sangat mumpuni untuk melayani hasrat akan kecepatan. Hitung-hitung memanjakan adrenalin sembari melepas penat.

KTM Duke 690 R 2

So, sewaktu seorang kenalan menawarkan untuk menjajal KTM 690 Duke R, saya tidak dapat menolaknya. Apalagi saat saya mengetahui bahwa KTM telah merevisi lebih dari 90% komponen 690 Duke versi sebelumnya guna menyajikan sensasi berkendara namun tetap nyaman dan mudah digunakan.

KTM Duke 690 R

Well, menyimak tampilan, sejatinya motor berjenis kelamin street bike ini cukup menakutkan. Frame tubular alias teralis yang terbuat dari baja chrome-molybdenum menyembul dari balik belahan baju dipadankan dengan crashbar berkelir senada membuat tampangnya kian agresif. Ditambah dengan harmonisasi kelir putih, hitam dan orange khas KTM sontak mendongkrak kesan sporti dan modern. Rasanya cukup saya mengagumi lekuk sensual motor telanjang ini dan sekarang saatnya saya tunggangi sebelum klimaks.

KTM Duke 690 R 9

Posisi duduk di atas KTM Duke 690 R sejatinya cukup nyaman kendati desain jok membuat pengendara harus sedikit condong ke depan layaknya menunggang pacuan supermoto. Walau demikian, seluruh tombol yang tertanam di handle bar dirancang sangat ergonomis. Sayangnya, pengendara yang memiliki tinggi tubuh di bawah 170 cm tampaknya bakal sedikit kesulitan.

KTM Duke 690 R 7

 

Pasalnya, motor dengan posisi duduk layaknya pacuan di European Junior Cup ini memiliki seat height 865 mm. Jadi, Anda harus memaksimalkan fungsi dari trotoar saat berhenti di lampu merah. Tentunya desainer KTM di Mattighofen, Austria punya segudang alasan kenapa mereka menerapkan desain tersebut. Salah satunya adalah untuk meningkatkan ground clearance menjadi 192mm agar mumpuni melibas beragam medan.

KTM Duke 690 R 3

Nah, ini yang paling seru.. Menikmati performa dari mesin engkol alias single cylinder legendaris LC4 berkapasitas 690 cc milik Duke 690 R. Lepas kongkow bareng di sebuah kedai di bilangan Sudirman tepat tengah malam, saya pun langsung menuju ke jalan protocol di tengah ibu kota. Untungnya malam itu bukan saat libur, sehingga jalanan sedikit lengang. Kendati kosong, namun pastinya saya tidak habis-habisan mengeksplor KTM Duke 690 R. Bisa merasakan sedikit sentakan tenaga 69.1 hp yang dialirkan lewat sistem transmisi 6 speednya saja sudah mampu membuat adrenalin bergejolak.

KTM Duke 690 R 1

Yang seru, sambil memuntir gas, motor bertampang agresif ini masih mau diajak meliuk melintasi deretan kendaraan lain. Wajar saja, selain memiliki wheelbase 1.466mm, bobot kotor KTM Duke 690 R hanya seberat 149,5 kg. Hanya selisih 12 kg ketimbang berat sebuah Honda Tiger 2012 namun punya power masif. Apalagi ditunjang dengan sistem suspensi upside-down 43 mm di depan dan monoshock pressurized gas produksi WP di buritan sanggup meladeni beragam karakter berkendara. Seru!