Agenda yang paling ditunggu penggemar diecast di Tanah Air telah tiba. Mengambil tempat di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta, The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015 mengahadirkan lebih dari enam puluh komunitas yang memamerkan jajaran koleksinya selama 7-8 November 2015. Di sini pengunjung juga bisa memburu berbagai koleksi boy toys dari banyak merek.

The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015 dibuka oleh Letjen TNI (Purn) R.H. Soeyono, SE, mantan tentara yang juga aktif di berbagai komunitas otomotif. Dirinya berkomentar, walau kepuasan dalam mengoleksi mainan sulit diukur tapi hal itu bisa melambungkan nama Bangsa Indonesia.

“Kegiatan apapun, arahkan pada kejayaan bangsa ini. Jangan sampai kita hanya menjadi pasar saja tapi kalau bisa juga sebagai produsen. Jangan kita saja yang harus ke luar negeri untuk melihat koleksi. Kalau perlu, bikin orang luar (negeri) yang datang ke Indonesia,” ungkap Soeyono yang kini menjabat sebagai Ketua Umum VW Indonesia periode 2012 – 2016.

Hal tersebut sejalan dengan tujuan diadakannya acara ini yang merupakan bagian promosi pariwisata DKI Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Selain menyuguhkan penjualan diecast, acara ini juga diisi kompetisi balap diecast skala 1:64 yang memperebutkan hadiah utama satu unit sepeda motor. Ada juga kompetisi custom diecast yang diperuntukkan bagi komunitas. Penggemar fotografi bisa mengikuti kompetisi foto yang dibuka untuk umum.

Kehadiran komunitas miniatur kereta cukup menyedot perhatian pengunjung. Pihak penyelenggara mengakui, langkanya komunitas miniatur kereta api di Indonesia merupakan tantangan tersendiri. Di The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015, mereka menghadirkan tiga layout yang salah satunya berukuran mencapai 8×4 meter. Selain model-model kereta dari Eropa dan Amerika, hadir pula miniatur kereta yang digunakan oleh PT KAI.

Soeyono juga berpesan, sebagai kegiatan yang bersifat hobi, The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015harus mampu meghadirkan unsur kesenangan. Penting juga untuk memasukkan unsur filantropi lewat kegiatan sosial. Dirinya berharap agar hobi semacam ini bisa ditularkan ke generasi yang lebih muda.

Soal kegiatan sosial, penyelenggara telah mewajibkan seluruh peserta The 2nd Indonesia Diecast Expo 2015 mendonasikan koleksinya untuk dilelang. Hasil lelang akan disalurkan ke yayasan yang telah ditunjuk.