Sejak 2012, Toyota punya proyek iseng-iseng mengembangkan mobil konsep. Namun kali ini bukan berwujud MPV, Sport UV atau sedan sport, melainkan mainan anak. Deretan mobil konsep The Camatte tergolong sebagai fully functional car namun dengan spek yang masih aman untuk melaju di bawah kendali sang buah hati.

Camatte6

Dalam kurun tiga tahun terakhir, setidaknya sudah ada lima model yang diperkenalkan. Diantaranya Sora, Daichi, Takumi, 57s, dan 57s Sports. Biasanya Toyota menjadikan Tokyo Toy Show sebagai serambi mereka untuk memajang jajaran mainan rancangannya.

camatte

Model terbaru yang masuk ke dalam koleksi The Camatte adalah Toyota Hajime. Mobil-mobilan dengan desain menyerupai jip ini muncul kali pertama di International Tokyo Toy Show 2015, pertengahan Juni lalu. Jip atap terbuka berbalut abu-abu doff tersebut dilengkapi panel eksterior yang bisa dibongkar-pasang, pedal, dan adjustable seat.

The Camatte, Deretan Mobil Konsep Mainan Toyota 1

Dimensi Toyota Hajime sendiri mencapai 302 cm pada sisi panjang dengan lebar 132 cm. Sementara tingginya 124 cm serta jarak antar sumbu roda yang mencapai 180 cm. Untuk masalah tenaga, Toyota Hajime memanfaatkan mesin listrik yang hanya menggerakkan roda belakang.

The Camatte, Deretan Mobil Konsep Mainan Toyota 5

Sayangnya, sampai sekarang belum ada tanda-tanda Toyota berencana memproduksi konsep yang namanya diambil dari bahasa Jepang yang berarti ‘kepedulian” ini secara massal. Walau begitu, banyak pihak memberi pujian pada konsep Toyota. Bukan hanya karena tampilan The Camatte yang begitu bagus tapi juga aspek lain yang bisa terwujud. Seperti pengetahuan berkendara yang lebih baik serta kegembiraan orang tua dan anak yang tercipta kala duduk berdampingan di balik kemudinya. Sejalan dengan visi Toyota untuk mengenalkan kebiasan mengemudi aman sedini mungkin lewat cara yang menyenangkan.