Bersepedamotor terbukti ampuh menjadi sarana penebar semangat. Dari sekedar riding bersama kolega, lalu menjelma sebagai kegiatan yang lebih punya makna.

Hal ini dicontohkan Mark Hawwa, pria yang menggawangi kampanye global The Distinguished Gentleman’s Ride (DGR) kali pertama tahun 2012 silam. Lewat kampanye ini pria Australia itu mengajak kita, pria-pria dari segala pelosok planet bumi untuk menjadi lebih bernilai bagi diri sendiri dan dunia.

DGR ke-4 yang akan dihelat serantak di 79 negara pada 27 September 2015 mendatang akan melanjutkan mimpi para rider untuk mengentaskan penyakit kanker prostat. Mendongkrak kesadaran tentang penyakit ini sekaligus sebagai momen pembuktian sikap terhormat para rider dengan ikut berdonasi.

Lewat situs resminya, penyelenggaraan DGR 2015 akan diramaikan oleh sekitar 18 ribu lebih pria dengan gaya busana terbaiknya. DGR memang identik dengan penampilan rapi para ridermengenakan suit  dan vest. Cara ini dimaksudkan untuk memerangi cap negatif lelaki urakan yang kerap menempel pada “anak motor.”

Gampangnya, para rider bisa menyontek gaya Don Draper pada tanyangan Mad Men. Dimana aktor Jon Hamm tampil necis dengan suit di atas Matchless G3LS 1957.

Di Indonesia, DGR mengundang para rider dengan motor beraliran cafe, tracker, scrambler, classic, bobber, scooter, chopper, brat, side car, modern classic, bahkan motor-motor aneh yang mereka kategorikan sebagai undefinable untuk berpartisipasi di kota terdekat.

Sebelas kota yang jadi lokasi penyelenggaraan DGR 2015 yakni Bali, Bandung, Jakarta, Jambi, Kebumen, Malang, Padangsidimpuan, Purwokerto, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta. Lebih lengkap menyoal keikutsertaan, para rider bisa mengunjungi situs gentlemansride.com.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan portal berita Kompas pada April 2015 jumlah penderita kanker prostat di Tanah Air cukup mengkhawatirkan. Laporan itu menunjukkan sebanyak 11,5 dari 100.000 penduduk Indonesia menderita penyakit ini, dengan perkiraan 5.074 kasus baru setiap tahunnya.

Kanker prostat merupakan penyakit kanker yang menyerang kelenjar prostat. Sel-sel kelenjar tumbuh secara tidak normal hingga mendesak dan merusak jaringan sekitar hingga bisa menyebabkan kematian.

IMG: NetInsight