Setelah menempuh jarak sekitar 1.524 km, Mitsubishi Triton T1 dari Tim Mitsubishi Ralliart yang digunakan dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 berhasil finish di urutan pertama. Berlangsung selama enam hari, dari tanggal 21 hingga 26 November di Thailand dan Kamboja, kampiun reli lintas negara Asia ini dipegang oleh pembalap Chayapon Yotha dari Thailand. Sementara Rifat Sungkar asal Indonesia menempati posisi kelima dengan mobil dan tim yang sama.

Chayapon Yotha, mengendarai mobil Triton #105, finis kelima di SS1 pada hari pertama. Pada hari kedua, ia mencatat waktu tercepat di SS2, SS terpanjang AXCR tahun ini dengan lintasan 203 km, dan naik ke posisi keseluruhan teratas. Setelah itu, kinerja mengemudi yang kuat dan handling Triton yang gesit membantunya menyelesaikan SS3 di urutan ketujuh, SS4 di urutan keenam, SS5 di urutan kelima, dan SS6 di urutan kelima, dan dia mempertahankan keunggulan yang telah dia bangun di SS2 untuk mengambil kemenangan keseluruhan.

Hiroshi Masuoka, direktur tim Mitsubishi Ralliart menyebutkan, untuk AXCR tahun ini, kami membangun reliabilitas dan durabilitas Triton yang tinggi dengan menyetel mesin dan sasis, serta memasuki reli dengan spesifikasi yang relatif mendekati mobil produksi. Meski begitu, kedua mobil reli Triton memberikan tenaga berkendara yang kuat, dan saya sangat bangga dengan hasil akhir kami yang tinggi. Performa luar biasa datang dari para pembalap, yang mampu mengekstraksi performa Triton dan menunjukkan kepada kami beberapa pengendaraan yang hebat, para insinyur yang bekerja setiap hari untuk melakukan penyetelan kendaraan dengan sempurna, semua staf yang memberikan dukungan, dan pengetahuan yang telah dikumpulkan Mitsubishi Motors selama bertahun-tahun. Kunci dari semua itu adalah dukungan luar biasa dari sponsor kami dan pesan dukungan penuh semangat yang kami terima dari para penggemar di seluruh dunia. Kami ingin menambah pengetahuan yang kami peroleh melalui partisipasi kami di AXCR kembali ke pengembangan kendaraan produksi, dan membangun kendaraan Mitsubishi yang lebih tangguh, lebih bertenaga, dan lebih andal.

 

Hasil Keseluruhan Kategori Mobil di AXCR 2022

1st Chayapon Yotha (Mitsubishi Triton) 8:22:42
2nd Jaras Jaengkamolkulchai (Toyota Hilux Revo) 8:28:29
3rd Ikuo Hanawa (Toyota Fortuner) 8:28:34
4th Takuma Aoki (Toyota Fortuner) 8:38:26
5th Rifat Sungkar (Mitsubishi Triton) 8:39:56
6th Tawee Neanna (Isuzu D-Max) 8:51:24