Timur tengah merupakan pasar yang gemuk bagi Toyota Land Cruiser. Disana produk legendaris Toyota ini seakan menjadi mobil sejuta umat bagi masyarakat negara-negara penghasil minyak.

Melihat empuknya pasar di “negeri” Middle East, membuat Toyota tak sungkan-sungkan terus melakukan pembaruan terhadap Land Cruiser guna memanjakan konsumennya. Seperti yang baru-baru ini dilakukan, Toyota melansir sebuah model spesial, Land Cruiser Grand Touring Edition model 2019.

Beridentitas lengkap Toyota Land Cruiser GX-R Grand Touring Edition, SUV bongsor bersolek untuk tampil lebih urban dengan bersenjatakan peranti aerodinamika lengkap di eksteriornya. Dengan begini, legenda offroad dari Jepang ini terlihat lebih layak digunakan untuk di jalan raya.

Menariknya, model Grand Touring ini justru tidak hadir di varian tertinggi Land Cruiser tipe 200 dengan mesin V8 5.7L, melainkan hanya di varian bermesin 4.0L V6 dan 4.6L V8. Khusus di pasar Timur Tengah, Toyota hanya melansir Grand Touring dengan mesin 4.6L V8, sementara untuk pasar Australia kedua varian mesin V6 dan V8 hadir sebagai pilihan bagi konsumen.

Disebutkan oleh Toyota, model Grand Touring ini dihadirkan untuk memenuhi hasrat berkendara SUV di jalan raya, oleh karenanya model ini tidak hadir di semua line-uo Toyota Land Cruiser 200 series yang dipasarkan di dunia.

Selain peranti aerodinamika, model Grand Touring ini juga dibekali dengan pelek berlingkar 20 inci untuk menambah stabilitas berkendara di kecepatan tinggi. Di bagian dalam sebuah layar speedometer berpenampilan Optitron punya dimensi 4,2” dengan TFT Display. Sebagai pemanja telinga diperjalanan, Toyota Land Cruiser GX-R Grand Touring Edition ini punya headunit berlayar 10” dengan fitur koneksi ke smartphone.

SUV bongsor ini sudah mulai mendarat di beberapa negara di Timur Tengah. Seperti di Bahrain, sebuah dealer Toyota Sitra milik Ebrahim K Kanoo yang juga pemilik Ekanoo Racing menyebutkan bahwa Land Cruiser Grand Touring ini sudah ada di showroom-nya, namun tidak ada harga jual yang disebut.