Tipe Range Rover Velar di Indonesia terbagi dua berdasarkan kapasitas mesin yang digunakannya. Pertama adalah Ranger Rover Velar bermesin bensin 4-silinder 2.000cc. Lainnya, tipe yang menggunakan mesin bensin V6 Supercharged 3.000 cc.

Dari kedua pilihan tersebut nyatanya konsumen menaruh minat lebih pada tipe dengan pilihan mesin yang lebih kecil alias 2.000cc. Hal tersebut diakui Tommy Handoko, Sales and Product Planning PT Wahana Auto Ekamarga (WEA) di sela peluncuran SUV Eropa terbaru itu di Jakarta, Jumat (8/9).

“Total unit Range Rover Velar yang masuk Indonesia tiga puluh lima unit sampai akhir tahun. Kebanyakan yang 2.000cc. Perbandingannya 60 persen 3.000cc dan 70 persen 2.000cc,” ungkap Tommy. Ia menilai tipe dengan mesin 2.000cc lebih laris gampangnya karena lebih murah.

Namun, lebih lanjut dirinya bilang kebanyakan konsumen Range Rover sangat mengedepankan kenyamanan dan lebih sering menikmati kenyamanan mobil dari bangku belakang. Jadi, yang terpenting adalah kesan luks yang didapat.

Ranger Rover Velar Indonesia 03

“Range Rover ini kan jual luxury-nya dan kalau boleh jujur, banyak orang yang pakai Range Rover pakai supir, duduk di belakang. Jadi dia orang bilang engine tidak terlalu pentinglah, yang penting comfort,” sambung Tommy.

Masih kata Tommy, sebanyak 35 unit Range Rover Velar tersebut sudah laku terjual. Mengingat pihaknya telah membuka pintu pemesanan sejak beberapa bulan lalu.

WAE resmi meluncurkan Range Rover Velar hari ini untuk melengkapi jajaran SUV premium yang telah dimilikinya. Di ‘keluarga’ Ranger Rover, Velar sendiri diposisikan untuk mengisi celah antara Range Rover Sport dan Range Rover Evoque.

WAE mematok harga Range Rover Velar 2.000cc Rp2.050.000.000. Sedangkan, harga Range Rover Velar 3.000 cc dipatok Rp2.350.000.000. Harga yang disebutkan masih bersifat off the road.