Atas dasar keterbatasan biaya hingga baru berkesempatan memiliki kendaraan yang telah lama diincar membuat mobil bekas masih layak diperhitungkan sebagai kendaraan andalan sehari-hari. Hingga kini  tak sedikit masyarakat yang masih memburunya, sehingga pasaran harganya cenderung terbilang stabil.

Pertumbuhan gerai-gerai penjual mobil bekas pun makin marak seiring tingginya minat terhadap mobil bekas pakai ini. Ditambah semakin berkembangnya daerah-daerah sub urban di sekitar Jakarta yang memiliki calon konsumen potensial mobil bekas.

Sayangnya tak sedikit pula para penjual mobil bekas yang suka berlaku curang dalam menjajakan mobil dagangannya. Alih-alih cepat laku dan mendapatkan keuntungan, terkadang beberapa mobil bekas dalam kondisi tidak layak ‘disulap’ agar tampil prima dan memancing minat calon konsumen membelinya.

Namun selebihnya, banyak juga penjaja mobil bekas yang berprilaku jujur dalam bisnis jual-beli mobilnya. Tak sedikit juga pebisnis mobil bekas dari gerai-gerai terpercaya yang kerap ‘merapihkan’ mobil jualannya sebelum dijual kembali ke calon konsumen.

Agar calon konsumen tak terjerumus mendapatkan mobil bekas incaran dalam kondisi buruk, berikut beberapa tips singkat dalam memburu mobil bekas impian yang berkondisi siap pakai.

Ajak Teman

Bila dirasa tak memiliki ketrampilan dalam menilai kelayakan sebuah mobil, ajaklah kawan yang dianggap mengerti tentang seluk beluk mobil agar terhindar dari kecurangan penjual. Pastikan memeriksa seluruh kondisi bagian mobil seperti eksterior, interior, mesin,transmisi dan penggerak hingga bagian kaki-kaki serta keabsahan surat-surat.

Jangan sungkan-sungkan untuk meminta test drive kepada penjual mobil untuk merasakan impresi dari mobil tersebut. Jika penjual menolak untuk diajak mencoba mobil, lebih baik tinggalkan dan cari penjual lain.

Pilih Gerai

Pilihlah gerai ruang pamer atau showroom penjual mobil bekas yang memiliki banyak pilihan varian lain. Setidaknya Anda dapat membandingkan secara langsung kondisi mobil yang dijual gerai tersebut pada umumnya.

Mengunjungi pusat penjualan mobil bekas seperti yang terdapat di Pusat Perbelanjaan dan berbagai derah lainnya lebih disarankan. Karena banyak pilihan mobil incaran serupa tanpa Anda harus membuang waktu mengunjungi tempat lain.

Kelebihan lain, tempat semacam ini biasanya menawarkan harga yang cukup kompetitif mengingat banyaknya saingan dari pengusaha serupa di sekitarnya.

res-img_0164

Sistem Pembayaran

Sebelum memutuskan untuk meminang mobil incaran, pastikan Anda telah menentukan sistem pembayarannya baik secara tunai maupun kredit. Biasanya ruang pamer bekerja sama dengan beberapa perusahaan pembiayaan dengan berbagai pilihan suku bunga kredit.

Bambang Haryanto dari MJM Auto, Kemang Jakarta Selatan mengungkapkan beberapa perusahaan pembiayaan atau leasing yang bekerja sama dengan showroom biasanya memiliki berbagai paket penawaran terhadap konsumen. Mulai dari Down Payment (DP) rendah, cicilan ringan hingga suku bunga kecil.

“Pilihan kembali ke masing-masing konsumen sesuai kemampuan dan kebutuhannya,” jelas Ryan panggilan akrabnya.

Garansi

Setelah meyakini mobil bekas incaran yang dipilih, tak ada salahnya meminta garansi terhadap penjual berapapun jangka waktunya. Pasalnya jika mobil tersebut termasuk dalam mobil berkondisi baik, tentu penjual akan memiliki keberanian dalam menggaransi produknya.