Hari Raya Idul Fitri sudah dekat, masyarakat sudah siap-siap berbondong-bondong ke kampung halaman untuk bersilaturahmi bersama keluarga. Mudik menggunakan mobil pribadi sudah menjadi tradisi keluarga Indonesia. Infrastruktur Jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera yang sudah membentang diharapkan mampu mengurangi waktu tempuh dan memperlancar perjalanan mudik tahun ini.

Meski begitu, jarak tempuh ratusan kilometer tetap menjadi tantangan yang serius bagi pengemudi dan kondisi kendaraan. Apalagi masih terbatasnya fasilitas umum seperti SPBU, tempat makan, bengkel hingga klinik di Jalan Tol Trans Jawa menjadi sebuah masalah yang serius bagi pengendara dan keluarga.

Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, tak ada salahnya simak Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi berikut agar perjalanan senantiasa aman dan nyaman hingga tiba di kampung halaman.

  1. Rencanakan Perjalanan

    Hari Rabu, 29 Mei 2019 ini diperkirakan arus mudik akan mulai meningkat mengingat bagi sebagian orang hari ini adalah hari terakhir aktif bekerja di kantor. Rencanakan jam keberangkatan beserta rute yang akan dilewati untuk mencegah terjadinya kepadatan di jalan.

Hitung perkiraan konsumsi bahan bakar serta jarak yang akan ditempuh dan tentukan titik pengisian bahan bakar di SPBU agar kendaraan Anda tidak kehabisan bahan bakar. Bila perlu, saat bahan bakar mulai tiris, tak ada salahnya untuk keluar ke jalur alternatif yang banyak tersedia SPBU.

Tentukan juga lokasi untuk beristirahat dan tempat makan yang akan disinggahi, mengingat Anda akan menempuh perjalanan ratusan kilometer dalam kondisi berpuasa.

  1. Kondisi Mobil

Sebagai armada transportasi andalan keluarga, pastikan mobil Anda sudah menjalani pemeriksaan menyeluruh sebelum perjalanan  mudik. Hal tersebut guna memberikan jaminan mobil Anda selalu berjalan dengan performa terbaiknya.

Tidak hanya itu, selama perjalanan Anda juga harus mengecek ambang batas normal temperature, radiator, aki mobil, ban mobil (kondisi angin), maupun oli mesin.

Jangan paksakan mobil membawa kapaistas melebihi yang dianjurkan. Semisal membawa penumpang yang lebih banyak dari jumlah kursi dan membawa barang ekstra banyak yang membuat kinerja kendaraan jadi berat.

  1. Kondisi Tubuh

Sebagai pengemudi, pastikan tubuh dalam kondisi yang sehat. Konsumsilah makanan yang penuh vitamin dan serat sebelum dan saat melakukan perjalanan mudik. Kondisi ini akan lebih menguntungkan Anda selama perjalanan maupun silahturahmi begitu sampai kampung halaman.

  1. Barang Bawaan

Prioritskan barang bawaan sesuai kebutuhan. Jangan membawa barang yang pada akhirnya tidak akan terpakai selama di perjalanan atau di kampung halaman.

Tata barang bawaan sesuai dengan prioritas penggunaannya, semisal baju ganti anak taruhlah di tempat yang mudah dijangkau. Jangan lupa barang-barang bawaan yang ada di bagasii jangan sampai mengganggu akses keluar masuk barang kebutuhan kendaraan, semisal tool kits, kunci roda, ban serep hingga kotak P3K.

Pastikan barang bawaan yang akan terpakai selama perjalanan mudah diakses oleh pengemudi dn penumpang. Semisal ponsel, travel charger, obat-obatan hingga makanan dan minuman ringan. Kartu tol elektronik juga harus mudah diambil dan diletakkan oleh pengemudi, jangan lupa pastikan sald Anda mencukupi untuk membayar tariff tol hingga tujuan akhir.

  1. Jadwal Istirahat

Tentukan jadwal dan lokasi untuk beristirahat, terutama bagi pengemudi. Setidaknya dalam durasi tiga jam sekali Anda sebagai pengemui perlu beristirahat sejenak.

Hal ini diyakini dapat mengembalikan kondisi tubuh dan konsentrasi Anda akan kembali pulih. Anda tidak perlu terburu-buru agar bisa sampai tempat tujuan. Pahami kapan Anda harus mengemudi dan kapan harus beristirahat.

  1. Aturan lalu Lintas

Patuhlah pada peraturan yang telah ditetapkan selama perjalanan mudik agar tetap selamat dan aman, Utamakan keselamatan daripada kecepatan.

Pantau terus rambu-rambu situasional yang telah dibuat oleh Kepolisian dan Pengelola Jalan Tol untuk kelancaran perjalanan Anda. Serta pahami juga, batas maksimal kendaraan melaju di ruas jalan baik jalan tol maupun jalan nasional.

Dengan begitu, diharapkan tips tersebut dapat membantu Anda sekeluarga aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan mudik serta dapat tiba di kota tujuan dengan selamat. Selamat berlibur dan selamat berlebaran beserta keluarga di kampung halaman.