Tanggal merah hari raya Idul Fitri kerap menjadi momen tepat untuk liburan bersama keluarga. Ritual yang kerap dilakukan adalah melakukan perjalanan darat dengan besutan kesayangan menuju kampung halaman. Namun jika Anda memilih pelesir dengan transportasi publik, jangan abaikan nasib mobil di rumah. Ada baiknya melakukan beberapa tips berikut sebelum meninggalkan mobil dalam waktu lama.

Bebaskan Rem Tangan

Dari beberapa sumber yang TheGaspol himpun, rem tangan yang “menggigit” selama berhari-hari bisa mengakibatkan kelengketan pada komponen-komponen pengereman. Solusinya, parkir mobil di tempat datar dan amankan posisinya dengan mengganjal setiap roda.

Lepas Kabel Aki

Ada kemungkinan aki tekor jika mobil ditinggal dalam waktu lama tanpa dipanasi sama sekali. Untuk menghindari hal ini, lepas kabel-kabel aki dari katup agar tidak ada arus listrik yang terbuang.

Taruh Pengharum

Menaruh pengharum di bawah jok atau sekitar dasbor bisa menangkal bau apek saat mobil tidak digunakan dalam beberapa waktu. Cara ini bisa dibarengi dengan memberi sedikit celah pada jendela, dengan catatan mobil terparkir dalam garasi yang terjamin aman.

Ganjal Wiper

Beri ganjalan pada wiper agar tidak selalu menempel dengan kaca. Cara ini berutujuan mencegah karet wiper mengeras sehingga mengakibatkan baret saat kembali digunakan.

Selimuti Mobil 

Menggunakan cover bisa memberi perlindungan pada cat saat mobil terparkir di luar ruangan. Seandainya barang ini tidak tersedia, opsi lainnya ialah memarkir mobil di tempat teduh tapi bukan di bawah pohon karena getahnya bisa memengaruhi cat.

Amankan Kolong Mobil

Tak banyak yang menyangka kalau tikus juga merupakan ancaman bagi mobil. Taruh pengusir tikus di kolong mobil untuk mencegah mamalia ini menjamah sektor mesin dan menggerogoti kabel-kabel.