Dengan bantuan kamera berkualitas tinggi berharga terjangkau, kini siapapun bisa menjadi video maker. Tak terkecuali pehobi sepeda motor yang ingin mengabadikan momen-momen seru saat touring bersama komunitasnya.

Mereka juga bisa dengan mudah memamerkan karyanya melalui situs online berbagi video, seperti Youtube. Nah, berikut ini TheGaspol sajikan tip simple agar video perjalanan touring lebih menarik.

Perencanaan Sederhana

Sebelum berangkat, ada baiknya memastikan tiga poin sebagai panduan pengambilan gambar. Poin pertama, berisi kilasan hasil akhir video touring yang diinginkan. Kedua, obyek apa saja yang ingin ditampilkan. Ketiga, daftar musik atau garis besar narasi.

Rekam Situasi

Situasi tak terencana dalam perjalan, seperti ban bocor atau salah jalan bisa jadi “bumbu penyedap” video yang akan dihasilkan.

Gunakan Beberapa Kamera

Jika jumlah kamera yang digunakan terbatas, ada baiknya memindahkan kamera tersebut beberapa kali. Bisa juga memindahkannya dari motor yang ada di depan ke belakang, guna mendapat sudut pengambilan gambar yang berbeda.

Variasi Angle

Hasil rekaman helmet cam cepat membosankan. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pengambilan gambar dengan angle lain. Contohnya, rider dengan helmet cam bisa melambung jauh ke depan rombongan, berhenti, lalu merekam rombongan melintas.

Sisipkan Wawancara

Testimoni dari peserta touring akan memperkaya cerita video perjalan tersebut. Begitu pun dengan penuturan orang-orang yang ditemui dalam perjalanan.

Durasi Singkat Lebih Baik

Beberapa panduan menyarankan, durasi maksimal sebuah video perjalanan adalah lima menit. Tak banyak video maker yang bisa membuat travelogue tetap menarik melebihi durasi ini.

Satu Adegan Maksimal Supuluh Detik

Agar video touring tetap menarik, upayakan potongan satu adegan tak lebih dari sepuluh detik.

Beri Musik dan Foto

Musik bisa menciptakan suasana yang ingin ditampilkan dalam video. Sebagai gambaran, banyak video petualangan motorcross menggunakan musik dub step untuk memancing adrenalin penonton. Anda bisa menyesuaikan sendiri jenis musik yang cocok untuk jenis perjalanan. Sementara itu, foto berguna melengkapi adegan penting yang tak sempat terekam video.