The Alfa Romeo by Harrison Custom Guitars 1

Guratan desain pabrikan mobil legendaris kerap menjadi sumber inspirasi yang bisa diterapkan di berbagai media. Mulai dari sepatu, busana, kapal hingga helikopter. Dan inspirasi yang sama juga singgah ke produsen alat musik petik asal Yorkshire, Inggris, Harrison Custom Guitar Works. Dengan terinspirasi dari desain dan sejarah Alfa Romeo, Harrison menciptakan gitar berjuluk “the Alfa Romeo.”

The Alfa Romeo by Harrison Custom Guitars 3

Seperti telah diketahui, Alfa Romeo merupakan sebuah brand mobil legendaris yang kerap menciptakan produk dengan menitikberatkan pada detail setiap bagian, layaknya sebuah karya seni. Untuk mengimplementasikan konsep tersebut, Harrison mengadopsi material yang jarang digunakan untuk membuat gitar seperti serat karbon dan alumunium.

Tampilannya kian menawan setelah kelir Alfa Red dibaluri di body gitar dengan imbuhan kayu Poplar dengan cap Maple yang dirancang dengan inspirasi yang datang dari grille depan Alfa Romeo. Lambang kebesaran pabrikan Negeri Pizza tersebut juga dicangkokkan pada tombol volume yang dipadankan dengan pick-up, dan bridge yang terbuat dari alumunium billet karya Kinetica CNC. Desain semi hollow dari gitar yang memiliki neck kayu Korina yang dikombinasikan dengan serat carbon tersebut terinspirasi dari tampilan Alfa Romeo 4C. Fitur canggih “the Alfa Romeo” terus berlanjut ke bagian dalam dan belakang gitar yang mengadopsi material serat karbon komposit. Satu lagi penciri krkter Alfa Romeo yang terdapat pada bagin fret. Sebuah gambar empat helai daun alias Quadrifoglio Verde- simbol yang diasosiasikan dengan Alfa Romeo selama lebih dari Sembilan dekade disematkan di fret ketiga.

Alfa Romeo MiTo Marshall concept Photograph: James Lipman // jameslipman.com

Gitar ini dimainkan untuk pertama kalinya di hadapan undangan yang menghadiri documenter Sound City milik Dave Grohl (mantan drummer Nirvana dan frontman Foo Fighters) di Olympic Studio hari ini (24/6). Dan yang memetiknya adalah duet Tim Burgess dan Mark Collins dari The Charlatans.