Toyota AGYA TRD

Apapun pendapat orang tentang LCGC yang dipelopori oleh produk sibling Agya dan Ayla, tetap saja menjadi daya tarik dan banyak hal yang bisa menjadi perbincangan. Malah semua tulisan tentang mobil ‘murah’ selalu menjadi keyword tertinggi dalam mesin pencarian.

Teaser Agya dan Ayla yang gencar di seluruh media massa tanah air memang cukup menggemparkan industri otomotif. City Car lansiran Toyota yang deperkenalkan sejak IIMS 2012 ini cukup menyerap banyak pengunjung pameran otomotif terbedar di Indonesia ini.

Toyota AGYA TRD g

Oke, awalnya banyak publik yang skeptis dengan kehadiran LCGC. Yang disebut sebut tak akan berjalan sukses di Indonesia. Yang dibilang bermaterial kaleng kerupuk lah, jauh dari safety, lupakan kenyamanannya. Dan banyak juga yang bilang mending beli mobil bekas yang dengan budget segitu Anda masih bisa meminang brand papan atas tahun lawas.

Yang paling ekstrim, “Kita jangan membeli mobil yang jatahnya orang tak mampu. Dosa! Gengsi juga turun lah bro”

Namun seiring waktu yang berjalan. Anggapan itu sirna dalam seketika. Kebutuhan dan efisiensi sepertinya menjadi urgensi masyarakat modern saat ini.  Jadi buang jauh perkara gengsi, sekarang saatnya menghadapi realitas sehari-hari yang serba memerlukan kepraktisan dan efisiensi.

Toyota AGYA TRD e

Ya, Agya memang cukup memenuhi kebutuhan transportasi saat ini. Bagi yang letih memiliki mobil lawas, ya saatnya ganti mobil sekarang. Dan bagi first entry level, bayangan untuk memiliki mobil baru sudah di depan mata.

Well, kami tak mau terlalu larut membahas proses kehadiran Agya di tanah air. Tapi akhirnya kami ikut menyicipi apa sih yang disajikan Agya?

Toyota AGYA TRD d

Berbicara tentang desain bodinya. Ya jangan terlalu berharap sesuatu yang spektakluer. Namun cukup mewakili desain mobil modern saat ini. Up to date lah istilahnya. Apalagi tipe yang kami coba adalah top of the line di Agya. Ya tipe TRD S A/T yang berbandero 121.5 juta Rupiah ini telah dilengkapi full spoiler dan laburan krom diberbagai sudutnya. Lampu depan model kristal, grille besar dan bodi yang kompak cukup menggoda. Namun minus wiper belakang yang memang agak mengganggu kala hujan deras. Ya kami anggap resiko cut price lah.

Toyota AGYA TRD a

Secara ruang kabin, kami agak terkejut kesan luas yang dimiliki. Awalnya kami kira akan sempit duduk di dalamnya. Namun siasat menipiskan lapisan busa kursi serta polosnya door trim ternyata sukses melegakan ruang dalamnya. Bentuk dashboard cukup simple dan serba fungsional. Fasilitas audio juga cukup mewakili era modern dengan tersedianya outlet USB. Dan memang, kala kami mencoba, cukup menyenangkan berada di dalamnya.

Tapi seperti kendaraan jenis hatchback lainnya. Ruang bagasi jangan terlalu banyak diharapkan untuk mengangkut perabotan segudang.

Toyota AGYA TRD c

Mesin tiga silinder 1000cc bukanlah cerita menarik bila kita ingin membahas masalah performa. Namun lebih tepatnya bagaimana kita tetap menjaga efisiensi bersamaan dengan pemenuhan kebutuhan untuk mobilitas tinggi.

Nah, saatnya kami mencoba kemampuannya diajak berjalan menembus lalu lintas dalam berbagai karakter jalan. Keluar masuk parkir di car port rumah sih perkara kecil buat Agya, kamu wanita yang masih sulit bermanuver parkir pun tak memiliki masalah lantaran besarnya seluruh kaca. Dan ya, kaca spion nya juga memiliki ukuran yang pas.

Toyota AGYA TRD f

Transmisi matic dan mode pemindahannya juga sudah cukup memadai. Akselerasi? Lupakan saja. Namun hebatnya, kami tak sadar bila mobil ini hanya berkapasitas 1000cc, prakteknya seperti mobil 1200 atau 1300 cc tarikannya.

So, bagi kami, Anda tak perlu alergi dan turun gengsi untuk meminang Agya. Fungsi dan realitas kondisi perkotaan yang hiruk pikuk dengan kemacetan. Serta efisiensi dalam perawatan tentu saja boleh menjadi pertimbangan.