Memasuki tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) membukanya dengan meluncurkan All New Camry di Jakarta, Selasa (8/1). Mengusung platform baru yang disebut sebagai Toyota New Global Architecture (TNGA), Camry model baru ini punya tampilan yang lebih agresif, lebih mewah dan lebih nyaman.

Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor dalam peluncurannya menuturkan, konsep eksterior dan interior All New Camry dirancang sedemikian rupa dengan desain dan material terbaik demi sebuah kemewahan. Dengan begitu All New Camry punya karakteristik yang kuat dan kasta yang lebih tinggi dari sedan sejenis di pasaran.

“Kami mengawali 2019 dengan meluncurkan All New Camry di Indonesia. Kami menawarkan sebuah sedan dengan kemewahan yang melampaui batas ekspektasi penumpang, lebih menyenangkan untuk dikendarai dan punya tampilan yang elegan,” jelas orang nomor satu Toyota di Indonesia tersebut.

Toyota Camry generasi kedelapan ini punya dimensi yang lebih panjang 35 mm, lebih lebar 15 mm dengan jarak pijak roda yang lebih panjang sekitar 50 mm dari model sebelumnya. Untuk mencapai titik gravitasi dan aerodinamika terbaik, bagian atap All New Camry juga dibuat lebih rendah 25 mm dari model generasi ketujuh.

Sebagai sedan paling mewah yang dijual Toyota di Indonesia, All New Camry dilengkapi dengan fitur dan kelengkapan standar sedan mewah zaman sekarang. Seperti Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, Vehicle Stability Control, Hill-Start Assist serta peranti keamanan seperti tujuh buah kantung udara, rem ABS, Brake Assist dan Electronic Brake-Force Distribution.

Ada tiga varian All New Camry yang dipasarkan oleh PT TAM untuk konsumen di Indonesia. Mulai dari yang terendah Tipe G, Tipe V hingga yang varian tertinggi Hybrid. Menariknya pada varian Hybrid terbaru ini, All New Camry punya fitur baru Head Up Display dan layar Multi Information Display 7 inci.

Kendati mengusung platform model baru, All New Camry bermesin bensin masih mengandalkan sumber tenaga 2AR-FE dari model sebelumnya yang terkenal mudah perawatan dan tahan menghadapi iklim tropis. Mesin berkapasitas 2.5 liter tersebut mampu menghasilkan keluaran tenaga maksimal sebesar 180 dk pada 6.000 rpm dan torsi 234 Nm di 4.100 rpm.

Sementara itu, untuk varian bertenaga Hybrid, All New Camry mengusung sumber tenaga kombinasi mesin bensin dan motor listrik berkode A25A-FXS. Mesin bensin berkapasitas 2.5 liter tersebut menghasilkan tenaga maksimum 175 dk pada 5.700 rpm dan torsi 220 Nm pada 3.600 – 5.200 rpm. Sementara motor listrik yang dimilikinya mampu memproduksi tenaga 202 Nm.