Ada program baru yang dicanangkan oleh PT Toyota Astra Motor (PT TAM) di 2019 ini. Yakni personalisasi untuk pembelian mobil baru oleh konsumen. Lewat program bertajuk Toyota Customization Option atau TCO ini, konsumen dapat memilih aksesori yang sesuai keinginan untuk Toyota-nya.

Sebagai ilustrasi, kata Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT TAM menyebutkan, seorang calon pembeli Innova bisa membeli seri termurah (Tipe G) dan bisa memesan aksesori seperti yang ada pada tipe tertinggi (Venturer) sesuai selera. “Misalkan side body molding atau spare tire covernya saja,” jelas Rouli seperti dilansir dari Tempo.

“Pemesanan aksesori dilakukan saat pemesanan di dealer, nanti pemasangannya dilakukan di pabrik, sehingga mobil dikirimkan sudah sesuai selera konsumen,” tambahnya.

Keunggulan program Toyota Customization Option ini, ujar Rouli, selain konsumen bisa memesan kendaraan sesuai selera, harganya juga lebih murah ketimbang membeli aksesori secara terpisah. “Bisa lebih murah  10 persen.” Selain itu, kata Rouli, Toyota juga memberikan garansi lebih panjang untuk aksesori yang dipesan melalui program TCO, yakni hingga 3 tahun. Sementara garansi untuk aksesori yang dibeli terpisah hanya 1 tahun.

Toyota juga menjamin kualitas aksesori yang dipasang pada mobil konsumen. Pasalnya pemasangan dilakukan oleh teknisi ahli di pabrik, bahkan dealer. Adapun aksesori yang disediakan merupakan produk orisinal TRD dan Toyota Genuine Accessories.

Kendati demikian, program ini belum berlaku untuk semua model kendaraan Toyota. Sementara ini program TCO baru berlaku untuk Innova, Fortuner dan Yaris.