IMG_4301

Vice Presiden Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin, mengungkapkan strategi utama Toyota Indonesia. “Strategi kami bukan hanya menjual sebanyak-banyaknya,” ujarnya saat acara serah terima penghargaan CSI Study 2014 di World Trade Center 1, Jakarta.

Pria yang akrab dipanggil Abong ini mengungkapkan bila penjualan besar-besaran bukan jadi tujuan tunggal Toyota. Selebihnya dia menyebutkan bila Toyota percaya kesuksesan penjualan tidak hanya tergantung pada pengalaman konsumen saat pembelian atau transaksi, melainkan juga bagaimana pengalaman konsumen saat memiliki kendaran dan aftersales.

“Toyota selalu menekankan strategi pemasaran dan layanan berdasarkan The Best Total Ownership Experience untuk memberikan kepuasan secara menyeluruh kepada pelanggan. Mulai dari ketersediaan informasi memadai mengenai produk, proses penjualan bahkan hingga pascea pembelian produk,” ujarnya.

Sebagai balasan dengan meningkatnya ekspektasi pelanggan, Toyota pun berjanji untuk memberikan inovasi yang berkepanjangan. Terlebih lagi hal ini sejalan dengan konsep Toyota dalam hal Kaizen, dimana pabrikan berusaha terus-menerus melakukan perbaikan dan inovasi untuk mencari terobosan dan demi kepuasan pelanggan.